PALEMBANG — Pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) kini menemukan solusi terbaru untuk membangun rumah secara tepat, cepat dan murah dengan menggunakan konstruksi Vframe Building System atau konstruksi baja ringan.

Dikatakan Wakil Gubernur Sumsel, H. Ishak Mekki, saat ini pemprov Sumsel mendorong kebijakan pemerintah pusat untuk mewujudkan program sejuta rumah.

“Pemerintah pusat telah mencanangkan bagaimana memenuhi kebutuhan rumah, dan pemprov Sumsel selalu mendorong pembangunan sejuta rumah bagi masyarakat dengan memberikan kemudahan baik dari segi izin dan lainnya,” kata mantan bupati OKI dua periode ini.

Diakuinya, untuk menjalankan program sejuta rumah ini tidaklah muda, banyak hambatan yang dihadapi seperti kekurangan persediaan material dan cuaca. Namun, pemerintah telah mempunyai alternatifnya berupa teknologi baru membangun rumah menggunakan konstruksi Vframe Building System atau konstruksi baja ringan.

“Nah ini menjadi alternatif bagi pengembang dan masyarakat untuk mendapatkan rumah dengan harga terjangkau, cepat dan tepat apalagi konstruksinya tahan gempa,”. ungkapnya usai membuka kegiatan Seminar dengan tema “Pembangunan Rumah Siap Bangunan Tahan Bencana dengan Cepat Tanpa Menggunakan Bata atau Batako Dalam Waktu 7 (tujuh) Hari di Aula Universitas Bina Darma Palembang, Rabu (22/02).

Menurutnya, selama ini masyarakat dan pengembang masih terpaku dengan konstruksi lama yang lebih banyak menggunakan Batu bata dan kayu dalam membuat rumah. Tetapi saat ini sudah ada alternatif pilihan berupa Vframe Building System .

“Kita menyambut baik alternatif baru ini karena sangat tepat agar masyarakat memiliki pilihan dan menjawab tantangan mewujudkan program sejuta rumah dari pemerintah pusat,” kata dia. (juniara)

Artikel Terkait