PALEMBANG — Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan erat dengan pencapaian nilai indeks pembangunan manusia (IPM) sehingga bisa menghasilkan pelayanan optimal harus didukung dan diarahkan oleh sebuah asosiasi yang mewadahinya.
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sekda Prov Sumsel) Mukti Sulaiman, saat pelantikan Pelantikan Assosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Sumsel di hotel Santika, Senin (21/11) mengatakan, pelantikan asosiasi ini perlu dilakukan agar berdampak untuk memaksimalkan pelayanan rumah sakit dan meningkatkan IPM.

“Untuk itu fasilitas dan pelayanan rumah sakit haruslah baik jangan sampai kasurnya sudah lusuh dan pelayanannya buruk,” ujar Mukti Sulaiman.

Menurutnya, pelayanan rumah sakit juga harus memperhatikan jumlah perawat harus sebanding dengan jumlah pasien. Dokter harus meningkatkan kemampuan diri karena kemajuan dunia kedokteran sangat cepat secepat perkembangan penyakit itu sendiri.

Sementara itu Ketua Arsada periode 2016 Р2019 terpilih Dr.Makiani menceritakan awal mula  Arsada di Sumsel sejak tahun 2007 tetapi tidak terbentuk karena alasan politis dan berbagainalasan lainnya.

“Arsada butuh pengakuan dari pemerintah daerah dan DPRD oleh karena itu kami meminta Gubernur, Walikota, Bupati menjadi penasihat dalam assosiasi,” katanya.

Dikatakan Dr.Makiani,  kedepan rumah sakit akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tidak akan ada lagi keluhan dari masyarakat berkaitan pelayanan rumah sakit.

“Selain pelantikan kami akan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) yang berasal Rumah Sakit yang ada di Sumsel bahkan ada yang dari provinsi Jambi,” tutupnya. (juniara)

RelatedPost