PALEMBANG —  Layaknya pemilu, SMAN 21 Palembang lakukan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2017-2018 seperti pemilihan daerah, hal ini dilakukan supaya siswa mengerti akan demokrasi yang sesungguhnya.

Kepala SMAN 21 Palembang, Zulkarnain mengatakan sistem pemilihan ketua osis layaknya seperti pemilihan umum. Sejak dinilah pihaknya mengarjakan siswa untuk mengerti politik.

“Kita siapkan ada 1005 kerta surat suara dan yang memilih ada sebanyak 983 siswa. Sedangkan guru tidak ikut memilih, kita serahkan semuanya kepada siswa,” kata Zulkarnain, Jum’at (15/09).

Pemilihan ketua osis ini diikuti tiga partai, yaitu partai Elang Suci sebagai calon ketua osis Adhe Yudha Pratama XI IPA 7 dan wakil ketua osis Cyntia Onggara Renylius XI Ipa 1.

Partai 2 Garuda Terpadu sebagai calon ketua osis Dimas Virgo Usdaryanto XI IPA 1 dan wakil ketua osis Azzahra Samantha XI IPA 7, dan partai 3 Pemudi Tangguh sebagai ketua osis Nursa’idah XI IPA 1 dan wakil ketua osis Berliana Dwi Wulandari X IPA III.

 

Sementara itu, ketua panitia pemilihan ketua OSIS SMAN 21 Palembang, Hasti Indah R mengatakan sebelumnya ada 30 kandidat calo ketua osis. Namun pihaknya telah menyiapkan berbagai tes untuk para calon.

“Pertama para calon ikut pendaftaran dan ada 30 calon kandidat, setelah itu ada tes wawasan, psikotes, tes minat bakat. Dari 30 orang itu terselesi jadi 12 orang,” bebernya.

Lanjutnya, jadi setiap kelas diwajibkan mengirim 1 siswa, dan juga setiap ekskul harus mengirim satu siswa sebagi calon kandidat pemilihan osis.

“Dari rangkaian beberapa tes tadi, maka terpilihlah 6 calon dan kita pasangkan menjadi 3 partai. Dimana mereka selama 5 hari dikarintina dan memaparkan visi misi mereka,” tukasnya. (dil)

Artikel Terkait