PALEMBANG – Vietnam berhasil mendapatkan peringkat ketiga pada AFF U16 Girls Championship setelah mengalahkan Laos 3-0 dalam adu penalti yang dimainkan di Stadion Bumi Sriwijaya, Minggu (13/5).

“Saya tidak senang dengan cara kami bermain. Kami seharusnya melakukan lebih baik dan mencetak gol. Kami menciptakan beberapa peluang, beberapa peluang bagus dan kami seharusnya menang dalam peraturan. Tidak tergantung pada keberuntungan penalti, ”kata pelatih kepala Vietnam Nguyen Thi Mai Lan.

Jalannya Pertandingan:

Meskipun itu bukan partai final, kedua tim menampilkan kemampuan terbaik karena mereka mempertahankan tekanan dengan aksi sampai akhir. Laos lah yang melakukan lebih banyak serangan di awal melalui pemain berbakat Pe Pe yang memimpin sebagian besar serangan. Namun, keberuntungan berpihak pada kiper Vietnam Dao Thi Kieu Oanh yang mana menolak serangkaian upaya Laos untuk mencetak gol.

Vietnam selalu mencari peluang melalui Dang Thanh Thao namun sama sekali tidak dapat merubah skor di babak pertama,  hingga keputusan untuk memasukkan Tran Nhat Lan pun gagal memperbaiki keadaan.

Kesempatan terbaik Nhat Lan dapat lakukan adalah tendangan bebas mematikannya yang mampu ditangkis oleh penjaga Laos Phatthalavady Sophothirath.

Dalam adu penalti tampaknya Phatthalavady kurang motivasi ketika dia gagal menghentikan upaya Vietnam dari Thi Hoa, Tran Thi Hanh dan Tran Thi Huong Tra. Tiga penendang pertama Laos – Vilayphone Phengsana, Thippakone Syvonglath, dan Inthida Khounsy – semua terlewatkan. (win)

RelatedPost