PALEMBANG — Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 60, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Moehammad Hoesin meluncurkan dua program baru untuk mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat, yakni Sistem registrasi online dan Sistem rujukan terintegrasi (Sisrute)

Dijelaskan, Kepala instalasi sistem informasi rumah saki Instalasi (SIRS), Wijaya, S.Pd, M.Pd, Sistem informasi rujukan regristrasi online merupakan sistem pendaftar an berbasis IT dan mobile internet yang bisa diakses dimanapun sehingga secara otomatis data pasien langsung tersimpan oleh RSUP Moehammad Hoesin.

“Nanti akan muncul bukti regristasi dan tinggal Pasien baik dalam maupun luar kota membawa bukti ini untuk rawat jalan, dan ini bisa menjawab tantangan daftar antrean pasien rawat jalan yang panjang,” jelas Wijaya.

Sementara, lanjutnya, untuk Sisrute merupakan salah satu cara untuk mempermudah rujukan pasien ke rumah sakit. Dalam menerapkan sistem ini sebelum pasien dirujuk akan ada komunikasi antar petugas rumah sakit yang akan merujuk dengan rumah sakit tujuan.

Dikatakan Wijaya, dengan adanya kedua program ini, Pasien tidak perlu lagi khawatir akan ada penolakan bagi Pasien dari rumah sakit dengan berbagai alasan, seperti kamar penuh.

“Nanti melalui Handphone atau komputer yang terkoneksi langsung ke sistem, Dokter di UGD bisa memonitor jika ada Pasien yang mau di rujuk kesini (RSUP Moehammad Hoesin), jika notifikasi itu tidak direspon maka alarmnya akan terus berbunyi hingga ada respon dari pihak rumah sakit,” urainya.

Selain itu, dengan Sistem ini maka pihak rumah sakit akan mengetahui kondisi dan kebutuhan Pasien sebelum dirujuk.

“Jasi kita tahu apa yang harus disiapkan untuk Pasien, seperti alat-alat apa saja yang akan digunakan sehingga ketika pasien datang kita sudah siap,” singkat Wijaya. (Juniara)

RelatedPost