Tugas berat langsung dihadapi pelatih anyar Sriwijaya FC, Widodo C Putro di kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016. Laga melawan Persib Bandung, Sabtu (30/4) malam di stadion Si Jalak Harupat Soreang Kab Bandung menjadi pembuktian dan ujian perdana bagi eks legenda timnas Indonesia tersebut.

Namun Widodo sendiri mengaku tidak terbebani dan justru sudah tidak sabar melakoni debutnya bersama laskar wong kito. “Saya pikir tidak ada tekanan, saya dan seluruh pemain kini hanya fokus bagaimana menghadapi Persib sesuai dengan pola serta strategi yang sudah kami siapkan selama ini. Biarlah tekanan itu dirasakan oleh pihak lain,” ujar Widodo saat dihubungi Jumat (29/4) sore.

Selain itu, mantan penyerang timnas ini juga tidak terlalu merisaukan rekor pertemuan yang kurang menguntungkan SFC kala bertemu Maung Bandung belakangan ini. Dalam 3 pertemuan terakhir, SFC memang harus menyerah dari Persib Bandung, termasuk di final Piala Presiden tahun lalu dengan skor 2-0 dan di fase grup Piala Bhayangkara lalu juga dengan skor yang sama.

“Saya tidak terlalu memikirkan soal statistik atau rekor, karena bukan saya yang melatih saat itu. Namun itu juga sebuah spirit buat kami bagaimana sekarang saatnya mengakhiri catatan tersebut,” tegasnya. Dirinya pun menyebut bahwa masuknya beberapa eks pemain Persib di SFC saat ini juga merupakan sebuah keuntungan tersendiri.

“Firman Utina, Jupe, Supardi dll yang pernah berbaju Persib tentu sudah hapal bagaimana gaya bermain Persib. Kami pun sudah membuat beberapa skema untuk mengantisipasi serangan Persib termasuk juga menganalisis pertemuan terakhir lalu saat di turnamen Piala Bhayangkara. Target kami jelas ingin meraih kemenangan di Bandung, namun 1 poin juga bukan sebuah hasil yang buruk nantinya,” tambahnya.

Untuk pertandingan ini, SFC sendiri dipastikan tidak akan diperkuat oleh 2 pemainnya yakni Thierry Gauthessi dan Achmad Hisyam Tolle. Thierry masih harus menjalani perawatan medis intensif dan tidak dibawa ke Bandung, sementara Tolle terkena cedera hamstring sehingga harus menepi seminggu kedepan.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Dejan Antonic mengaku sudah hapal dengan gaya permainan SFC dan siap mengamankan 3 poin di kandang sendiri. “Game pertama sudah pasti sangat berat, apalagi mereka punya 8 pemain eks Persib disana. Namun kami harus menang disini untuk modal positif menghadapi kompetisi,” ujar pelatih asal Serbia ini.

Dejan juga mengaku sudah paham karakter bermain tim asuhan Widodo dan menurutnya bentrokan nanti akan berjalan menarik. “Widodo teman saya, dia orang baik di Jawa sana. Soal permainan dia banyak short pass dan pressing yang terlalu cepat. Tapi kita lihat nanti pasti besok pertandingan menarik dan kami harus mengakhiri laga dengan kemenangan,” ugkap Dejan dengan penuh keyakinan.

Artikel Terkait