PALEMBANG — Misi sulit dihadapi Hartoni Ruslan yang baru saja ditunjuk menjadi caretaker Sriwijaya FC. Dalam laga debutnya, Hartono Ruslan harus menjalani laga super berat saat laskar wong kito menantang tuan rumah Arema FC, Jumat (7/7) malam  di stadion Kanjuruhan Malang.

Namun pelatih senior berpengalaman ini menyebut tidak terlalu terbebani dan tetap fokus mempersiapkan anak asuhnya mencuri poin di kandang Singo Edan. “Tidak ada persiapan khusus, sama seperti laga-laga sebelumnya kami lebih banyak memperbaiki kekurangan yang ada di dalam tim, seperti komunikasi di lini belakang,” ungkapnya saat sesi pre post match, Kamis (6/7) sore.

Selain itu, Hartono juga menyebut bahwa meski memiliki persiapan yang cukup lama karena laga pekan ke-12 melawan Perseru Serui (3/7) lalu diundur, hal ini tidak akan serta merta menjadi sebuah keuntungan bagi pihaknya. “Saya pikir sama saja, jika tetap sesuai jadwal kami juga tetap harus melakukan perjalanan cukup jauh kesini. Melawan Arema yang punya mobilitas tinggi bila bermain di kandangnya, kami butuh lebih dari kerja keras untuk mewujudkan target pulang dengan angka nantinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hartono juga menyatakan bahwa semua pemain yang dibawanya ke Malang siap dimainkan. Sebelumnya, beberapa pemain seperti Alberto Goncalves dan Hilton Moreira sempat diragukan dapat tampil karena masih terkena cedera. “Kalau mereka dibawa artinya bisa bermain, semua persiapan sudah kami tuntaskan di Palembang. Dari sisi kondisi fisik pemain atau strategi sudah selesai dan tidak ada masalah,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Arema Aji Santoso mengaku enggan terlena dengan posisi di klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2017  dimana kedua klub kini terpaut cukup jauh.  SFC masih terbenam di papan bawah yakni peringkat 15, hanya terpaut 1 strip dari zona degradasi. Sementara Arema FC menempati peringkat 6 dengan poin 19.

“Salah jika menjadikan posisi di klasemen sebagai acuan, karena persaingan musim ini di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 cukup ketat. Bahkan kecuali 3 tim terbawah yang poinnya cukup jauh, peringkat 15 dengan pemuncak klasemen tidak terlalu jauh selisihnya. Dan jangan lupakan juga bahwa SFC masih punya tabungan 1 pertandingan lebih banyak,” bebernya.

Di laga ini, Aji Santoso juga mengaku bertekad untuk memperbaiki produktifitas lini depannya yang tidak terlalu bagus belakangan ini. “Sebenarnya kami memang ada masalah karena untuk lini depan hanya ada 2 penyerang murni sehingga sulit rotasi. Tetapi saya pikir di sebuah pertandingan itu yang terpenting adalah kemenangan, jika hanya selisih 1 gol tidak apa-apa,tetap bernilai 3 poin,” ungkap eks pelatih timnas ini. (dedi)

Perkiraan susunan :

Arema 4-2-3-1 : Kurnia Meiga, Beny Wahyudi, Artur Cunha, Jad N, Alfarizi, Ahmad Bustomi, Adam Alis, Hendro Siswanto, Arif Suyono, Dendi Santoso, Christian Gonzales

Cadangan : Dwi Kuswanto, Syaiful Indra Cahya, Junda Irawan, Fery Aman Saragih, Dedik Setiawan, Esteban Viscarra, M Nasir.

SFC 4-2-3-1 : Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Firdaus Ramadhan, Bobby Satria, Indra Permana, Ichsan Kurniawan, Tijani Belaid, Slamet Budiono, Hilton Moreira, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandy Firmansyah, Yanto Basna, Gilang Ginarsa, Zalnando, Manda Cingi, TA Mushafry, Rizky Dwi Ramadhana

Artikel Terkait