Laskarwongkito.com — Tahun 2017 baru saja dimulai. Sebagian mungkin masih terlena dengan perayaan, sebagian lagi masih bingung karena waktu telah berjalan dengan begitu cepatnya. Sementara banyak hal yang menjadi resolusi tahun 2016 ternyata belum terwujudkan.

Guys, yang kelamaan bingungnya ya. Meski ada sebagian keinginan belum tercapai di tahun lalu dan banyak hal yang ingin didapat pada tahun depan. Kamu tetap harus move on. Optimis perlu namun tetap optimus dan terukur.

Nah untuk resolusi tahun ini, ada baiknya selipkan lima kewajiban berikut ini. Cekidot!

1. Berani mengambil risiko

 

01d

(Sumber foto: s7.postimg.org)

Ada berapa banyak kesempatan yang dulu pernah kamu lewatkan? Apa yang kini dominan kamu rasakan ketika mengingatnya, rasa bersyukurkah atau menyesal? Jika penyesalan itu masih membuntutimu hingga sekarang, perbaiki kesalahan dengan tidak lagi melewatkan banyak kesempatan emas, hanya karena kamu takut mengambil risiko.

Camkan, ujaran bijak berikut: “Perubahan dimulai oleh orang-orang yang cerdas, dilaksanakan oleh orang-orang yang ikhlas dan dimenangkan oleh orang-orang yang berani”.

2. Tidak lagi melihat ke belakang

2016-12-27-22-02-34-pexelsphoto126313

(Sumber foto: cdn.trivia.id)

Sudah masuk  2017 belum bisa move on juga? Wah, jangan yah guys. ‘Melihat’ ke belakang hanya boleh dilakukan, jika kamu ingin mengambil pelajaran dari pengalamanmu di masa lalu. Jika kamu terus berfokus pada kebahagiaan yang pernah kamu alami di masa lalu (dengan mantan misalnya), kamu tidak akan punya cukup energi untuk menciptakan kebahagiaanmu yang baru di tahun yang baru.

3. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang tepat

happy-weekend

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Bersama orang-orang yang tepat, kamu tidak akan merasa menyia-nyiakan waktumu. Lalu, apa indikasi orang yang tepat dan tidak? Sehabis bertemu atau berkumpul dengan orang lain, coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu merasa senang? Apakah kamu mendapatkan pelajaran berharga dari obrolan-obrolan ringan kalian? Apakah pertemuan kalian membuat kamu makin berenergi atau justru merasa lelah?

4. Menjadi lebih percaya diri dan tidak meremehkan kemampuanmu

2c-750x497

(Sumber foto: tango.image-static.hipwee.com)

Tidak sedikit orang yang masih menyangsikan kemampuan yang mereka miliki. Justru dengan pemikiran seperti itu, mereka jadi merasa ‘wajar’ jika tidak berupaya secara optimal. Padahal, sesungguhnya mereka atau pun kamu, mampu melakukan hal-hal yang sebelumnya kamu ragukan loh! Cobalah untuk lebih mempercayai diri dan kemampuanmu sendiri. Rasa percaya diri tersebut akan ‘terlihat’ pada karya-karya yang kamu ciptakan. Jadi, tahun depan, tidak boleh ada yang merasa rendah diri yah!

5. Mencoba menertawai kegagalanmu

4-1

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Setelah kamu memberanikan diri mengambil risiko yang mungkin akan kamu alami, bukan tidak mungkin dalam perjalananmu, kamu akan mengalami kegagalan. Mulai dari gagal diterima di kampus ternama, gagal mendapat pekerjaan di perusahaan yang kamu impikan, atau gagal mendapat nilai sempurna pada ujian akhir semester. Kegagalan yang kamu alami jangan sampai membuatmu terpuruk dan malas berupaya lagi. Cobalah untuk menertawai kegagalanmu dan menerimanya sebagai bagian dari perjalananmu yang bisa membuatmu semakin hebat.

Gimana guys? Siap menatap optimis masa depan dan maju dengan resolusi terbaik kamu? (red/dil)

Related Post