Jakarta,Laskawongkito.com – Indonesia menuntaskan perjalanannya di Piala AFF 2018 dengan melawan Filipina dan hanya memetik satu poin setelah bermain imbang 0-0. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (25/11/2018) malam WIB, tak ada satu pun gol yang dihasilkan Skuat Garuda hingga laga tuntas. Filipina bukan tanpa ancaman, mereka kerap membahayakan lewat bola-bola mati, namun penyelesaian akhir yang buruk menjadi kendalanya.

Hasil imbang ini sudah cukup memastikan Filipina ke semifinal dengan delapan poin. Tim besutan Sven-Goran Eriksson ini menjadi runner-up Grup B setelah kalah dua poin dari Thailand yang di saat bersamaan mengalahkan Singapura 3-0. Indonesia, yang sudah dipastikan tersingkir sebelum laga ini, menuntaskan perjalanan di Piala AFF 2018 dengan empat poin di posisi keempat.

Jalannya Pertandingan

Filipina nyaris membobol gawang Indonesia di awal laga lewat Stephan Schrock, namun bola tembakannya dari jarak dekat masih melebar tipis di sisi gawang. Indonesia perlahan mampu mengendalikan permainan. Serangan mereka lancarkan lewat Riko Simanjuntak di menit keenam, namun bola yang mengarah ke Andik Vermansah lebih dulu dipotong lawan.

Skuat Garuda kembali mendapat peluang di menit ke-12. Alberto Goncalves berhasil merebut bola dari penguasaan pemain Filipina. Beto menggiringnya ke dalam kotak penalti dan melepaskan umpan silang ke tiang jauh, namun lagi-lagi laju bola mampu dipotong pemain lawan.

Hansamu Yama gagal menghentikan bola hasil umpan Schrock yang mengarah ke Jovin Hervas Bedic di menit ke-25. Bedic melepaskan tembakan, namun bola masih melambung di atas gawang. Belum ada tembakan ke gawang dari kedua tim setelah laga berjalan setengah jam. Serangan dari Indonesia dan Filipina kerap kandas di sepertiga akhir pertahanan.

Kemelut terjadi di gawang Indonesia pada menit ke-41. Berawal dari sepak pojok, Andritany Ardhiyasa gagal memotong laju bola setelah berbenturan dengan lawan, namun bola liar berhasil dibuang pemain Indonesia. Tak ada gol tercipta di babak pertama. Kedua tim berimbang 0-0 hingga turun minum.

Filipina langsung menekan pertahanan Indonesia di awal babak kedua. Reichelt melepaskan umpan silang, namun bola berhasil dibuang keluar oleh Fachruddin. Indonesia mendapat momentum untuk membobol gawang Filipina. Serangan balik dilancarkan Stefano Lilipaly setelah bola hasil sepak pojok Filipina mampu diadang pemain Indonesia. Lilipaly berupaya melepaskan umpan ke Beto yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan pemain Filipina, namun bola kandas di kaki lawan terlebih dahulu.

Daisuke Sato melepaskan tembakan langsung dari tengah lapangan di menit ke-60. Bola tampak akan keluar lapangan, namun justru menukik ke arah gawang yang akhirnya mampu ditepis oleh Andritany.Indonesia tak kunjung mendapat peluang bersih selama laga berjalan 70 menit. Kans mereka kerap gagal akibat penyelesaian akhir yang buruk dan kuatnya pertahanan Filipina.

Zulfiandi melepas tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-74. Bola berhasil diblok pemain lawan dan bola liar jatuh ke kaki Riko, yang langsung melepas tembakan. Namun, bola masih jauh dari bidang sasaran. Indonesia terus berusaha keras mencari gol kemenangan, namun gol tak kunjung datang. Skor 0-0 pun bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain:

Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Putu Gede Juniantara, Hansamu Yama, Fachruddin Aryanto, Rizki Rezaldi Pora, Zulfiandi, Evan Dimas, Andik Vermansah (Irfan Jaya 70′), Stefano Lilipaly, Riko Simanjutak, Alberto Goncalves (Dedik Setiawan 82′).

Filipina: Micheal Aksel Bataican Falkesgaard, Carlos Alberto, Daisuke Sato, Martin Steuble, Alvaro Linares Silva, Manuel Ott, Stephan Schrock (James Younghusband 81′), john Patrick Strauss, Phil Younghusband, Jovin Hervas Bedic (Kevin Ingreso 76′), Patrick Alcala Reichelt. (WA)

Artikel Terkait