PALEMBANG — Secara fisik persiapan provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sudah mencapai 80 persen.

Hal tersebut diungkapkan, Asisten III bidang kesejahteraan rakyat (Kesra) setda Sumsel, Akhmad Najib. Dikatakannya, pemprov Sumsel terus berbenah diri untuk menyambut lebih dari 40 negara yang akan menyambangi kota Palembang.

“Secara fisik sudah mencapai 80 persen, ditambah dengan fasilitas seperti transportasi dan sebagianya mempercantik Kota Palembang,” ujar Najib

Menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan Sumsel ini, disetiap kesempatan Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin sering mengatakan bahwa sudah ada  11 cabang olahraga yang siap namun, harus di perbaharui lagi fasilitasnya agar memenuhi syarat dalam ajang Asian Games 2018 mendatang.

“Ada yang baru seperti veneu Bowling kemudian veneu Tennis,  oleh karena itu persiapan secara fisik sudah mencapai rata-rata 80 persen, tapi tinggal dua akan kita kebut pekerjaannya veneu bowling dan convention hall soft tennis, ” katanya, Kamis (12/01)

Sementara, untuk persiapan kawasan Jakabaring Najib mengungkapkan, secara keseluruhan telah siap serta pada awal maret 2017 ananti akan ditinjau langsung oleh Organization Comunity Executive Booth.

“Mereka akan melihat sejauh mana progress yang kita siapkan veneu,  termasuk juga seperti ruang terbuka hijau,  jalan untuk akses ke wisma atlet, ” tambah dia.

Ditambahkan Najib,  yang paling penting saat ini adalah pembangunan Atlet Village karena atlet tidak boleh menginap di Hotel,  kemudian juga insfrastruktur pendukung lainnya seperti Hotel, Transportasi, juga Rumah sakit yang harus dimaksimalkan pembangunanya.

“Infrastruktur pendukung yang seperti hotel yang kita tahu kondisinya sangat signifikan, kemudian transportasi juga kita ketahui dengan pembangunan LRT, pembangunan jalan Tol, kemudian Fly over dan sebagainya akan menambah megahnya kota palembang untuk mendukung asean games 2018, ” tutupnya. (juniara)

Related Post