PALEMBANG — Seiring berubahnya nama Lembaga Pemasyarakatan Anak (Lapas Anak) menjadi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LBKA) maka secara otomastis sistemnya juga berubah.

Saat ini, LBKA tidak lagi menjadi rumah tahanan melainkan tempat pendidikan bagi anak yang terkena kasus hukum. Konsep yang diterapkan oleh LBKA kelas I Palembang ini sudah.dilakukan sejak lama dengan menggandeng pemerintah kota.

Pemerintah Kota Palembang sendiri sangat komitmen terhadap pendidikan bagi anak binaan. Dalam audiensi lapas binaan khusus anak klas I Palembang dengan Walikota Palembang, Selasa (21/02) kepala lembaga binaan khusus anak klas I Palembang, Endang mengungkapkan Pemkot Palembang selama ini sangat membantu program pendidikan di lembaga binaan khusus anak.

“Pemkot Palembang sangat peduli dan sangat perhatian dengan program pendidikan anak di LBKA, bahkan secara langsung mendapat pujian dari Kemenkum HAM, bantuan tersebut berupa pengiriman guru-guru atau tenaga pendidik serta MoU bantuan biaya pendidikan” Ungkap Endang.

Lebih lanjut Endang mengatakan kerjasama yang baik ini diharapkan terus berlangsung. “Saya yakin dibawah kepemimpinan pak Harnojoyo sebagai Walikota kerjasama ini akan semakin baik” ujarnya.

Sementara itu Walikota Palembang H. Harnojoyo mengungkapkan pemkot Palembang akan terus komitmen memperhatikan upaya pendidikan bagi anak binaan. “Dalam undang-undang dijelaskan bahwa pendidikan menjadi hak semua warga negara, termasuk anak binaan ini, kami ingin mereka juga menerima pendidikan yang layak, sehingga ketika keluar dari binaan, mereka memiliki bekal pendidikan yang bagus,”. singkatnya. (juniara)

Artikel Terkait