Palembang- Meluasnya peredaran narkoba di Indonesia terutama dikalangan generasi muda tentunya sangat menghawatirkan, untuk memerangi hal tersebut Tim Penggerak (TP) Pemeberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  Provinsi Sumatera Selatan terus berusaha mengingatkan generasi muda agar menghindari  penyalahgunaan narkoba. Salah satu usaha TP. PKK untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda adalah dengan melakukan penyuluhan. Jumat (10/11 ) dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) TP. PKK Provinsi Sumatera Selatan melakukan penyuluhan di SMAN 4 Palembang.

Menurut Ketua TP. PKK Hj. Eliza Alex Noerdin dalam kata sambutan yang dibacakan oleh ketua Pokja I Hj. Dasmaisuri  terjadinya penyalahgunan narkoba sebagian besar dimulai sejak usia remaja, “ remaja paling mudah dipengaruhi  oleh teman sebayanya termasuk juga dalam hal penyalahgunaan narkoba”, jelasnya di depan para guru dan siswa SMAN 4 palembang.

Hal tersebut juga dikatakan oleh nara sumber dari BNN Provinsi Sumatera Selatan Kusmaneti. Dia menjelaskan bahwa karakter diri itu dibangun sejak remaja, “ remaja itu paling mudah dipengaruhi oleh lingkungnnya,  ada tiga faktor utama yang dapat mempengaruhi remaja menyalahgunakan narkoba, yang pertama adalah  lingkungan pergaulannya, diri sendiri dan juga adanya kesediaan obat, “ katanya.

Dia juga mengatakan bahwa tidak semua penyalahguna narkoba adalah  orang yang tidak mengetahui efek buruk dari narkoba, tetapi karena dia terpengaruh oleh  faktor lingkungan yang buruk, membuatnya tergoda untuk memakai barang terlarang tersebut. lebih lanjut dia menjelaskanbahwa narkoba itu boleh dikenal tetapi jangan di cintai, “ remaja jangan sekali  kali mencoba narkoba, narkoba boleh dikenali tapi jangan dicintai karena mempunyai sifat yang jelek antara lain halusinasi dan stimulan, dan juga dapat merusak organ tubuh dan fungsi otak, “ jelasnya panjang lebar.

Diakhir penyuluhannya Neti memberikan tips untuk para remaja agar bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba, “ pilihlah pergaulan yang baik dan salurkan hobby dengan melakukan perbuatan positif, “ ujarnya. (rill)

Artikel Terkait