PALI — Tim Penggerak (TP) Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bangka datangi Bumi Serepat Serasan hari ini,Kamis (17/11).Mereka datang langsung dipimpin istri Bupati Bangka Nina Tarmidzi untuk melihat secara langsung pengolahan biji karet menjadi makanan yang dibuat oleh ibu-ibu PKK Kabupaten PALI.

Kedatangan rombongan dari Kabupaten Bangka diterima langsung ketua TP PKK Kabupaten PALI Hj Sri Kustina dan Bupati PALI Heri Amalindo di kantor PKK PALI dibilangan jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi.

Menurut Nina Tarmidzi,bahwa dirinya mengenal Kabupaten PALI berawal dari kunjungan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan(BKB-PP) PALI beberapa waktu lalu ke Kabupaten Bangka,dan mengenalkan potensi PALI dihadapan ibu-ibu PKK disana.

“Saat itu kami tanya produk apa yang dihasilkan di Kabupaten PALI dan dijawab ada produk olahan dari biji karet yang bisa dibuat dodol dan makanan lainnya. Makanya saya tertarik untuk mempelajarinya,” ucap Nina.

Setelah melakukan kunjungan, diterangkannya, dirinya sangat kagum dengan kreativitas yang dilakukan TP PKK PALI, karena sangat banyak produk rumahan yang bisa dihasilkan.

“Ternyata sangat banyak yang dihasilkan oleh PKK PALI dan itu sangat bagus untuk diterapkan di Kabupaten Bangka,” terangnya.

Lebih lanjut ditegaskannya, untuk produk makanan olahan dari biji karet akan segera diterapkannya di Kabupaten Bangka. Karena, masyarakat di Kabupaten Bangka banyak petani karet.

“Sebagian besar penghasilan masyarakat di Kabupaten Bangka dari pohon karet, makanya sangat banyak potensi untuk olahan biji karet itu. Jadi setelah belajar ini maka kami akan segera menerapkannya disana,” tukasnya.

Sementara, Ketua TP PKK PALI, Hj Sri Kustina mengatakan, dengan banyaknya kunjungan PKK lain ke PKK PALI bukti bahwa PALI sudah dikenal.

“Kita akan terus tingkatkan lagi kerajinan atau olahan kreatif melalui UP2K disetiap desa. Nantinya juga akan dibentuk kelompok-kelompok di desa itu sehingga bisa meningkatkan penghasilan masyarakat melalui UP2K itu.Dengan banyaknya produk kreatif,tentu akan mengundang kepenasaran orang lain untuk melihat langsung ke sini,hingga PALI bisa lebih terkenal lagi,” ucapnya. (yudhi)

RelatedPost