PALEMBANG — Meski suasana duka tengah merundung keluarga besar Kapolri Jenderal Tito Karnavian, namun Jenderal Tito tetap tegar dan lapang dada menerima ujian. Bahkan dirinya sempat berbagi sedikit cerita dengan awak media tentang tentang sosok sang ayah yang menjadi inspirator baginya.

Tito menceritakan, ayahandanya Alm. H. Achmad Saleh adalah orang yang sangat mengutamakan pendidikan bagi anak-anaknya. Jabatan sebagai Kapolri saat ini pun, diakuinya berkat dorongan sang ayah.

“Beliau (ayah) selalu memacu kami menempuh pendidikan setinggi mungkin, saya pun demikian. Setelah masuk Akpol, kemudian meraih gelar Master of Arts di Akpol di Inggris. Kemudian tiga tahun lalu saya meraih gelar Ph.D di Singapura. Sampai setua ini saya terus didorong Almarhum untuk terus menempuh pendidikan,” beber Tito usai prosesi pemakaman sang ayah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Puncak Sekuning, Jum’at (28/10/2016).

Diakui Tito, dirinya merasakan manfaat besar di mana pendidikan mengubah wawasannya menjadi lebih luas dan memiliki banyak jaringan. Semua itu diakuinya berkat ayahanda tercinta.

Ketika dirinya dilantik menjadi Kapolri pada 13 Juli, ia mengaku Alm. Achmad Saleh sangat bangga pada dirinya, sehingga ia tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih pada ayahanda tercinta.

“Ayah sangat menekankan pentingnya pendidikan pada anak-anaknya,” imbuhnya.

Meskipun sang ayah telah pergi untuk selamanya, namun Tito tetap memegang teguh amanah dari ayahanda untuk terus menimba ilmu selama masih hidup.

Dirinya berjanji, semangat menempuh pendidikan akan ia tularkan ke semua orang-orang terdekat, baik keluarag dan kerabat.

“Apa yang selalu dipesankan ayah saya benar. Ternyata pendidikan itu sangat baik manfaatnya untuk diri kita,” tutupnya. (juniara)

Related Post