Laskarwongkito.com — Sebagai pengendara bermotor, terkadang kita harus berhadapan dengan kondisi jalan yang kurang rata dan bahkan penuh lubang terutama ketika anda melintasi jalur alternatif.  Apalagi saat di musim hujan, di mana banyak tercipta genangan air dan munculnya lubang-lubang menganga, akibat dilalui oleh kendaraan bertonase berat.

Tips-Mengemudi-Mobil-di-Jalan-Berlubang

(sumber foto: asapmobil.com)

Tentu saja hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan selama berkendara baik sepeda motor maupun mobil. Agar selama perjalanan tetap lancar ada beberapa tips bagi anda apabila sedang melewati medan jalan yang bergelombang atau kurang rata.

1. Tetap berkonsentrasi

Yang paling penting dalam berkendara adalah selalu waspada dan fokus. Bagi anda yang sudah hafal kondisi jalan serta letak lokasi berlubang sebaiknya persiapkan diri ketika kendaraan masih dari jauh dan segera berpindah jalur atau menghindar apabila lubang dekat.

2. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan

Untuk memberikan rasa aman sebaiknya jaga jarak anda dengan mobil maupun motor yang ada di depan anda. Jika terlalu mepet dikhawatirkan ketika kendaraan di depan tiba-tiba melakukan pengereman mendadak anda kurang begitu siap sehingga benturan pun tidak dapat dihindari lagi. Jarak aman yang tepat adalah sekitar 10-30 meter.

tips-cara-melewati-jalan-berlubang

(sumber foto: asapmobil.com)

3. Perlambat kendaraan

Apabila mendadak melihat lubang di depan kendaraan anda segera perlambat laju kendaraan dengan cara menutup putaran gas serta menginjak rem secara perlahan. Jika masih memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan lain yang terlalu dekat dengan anda. Usahakan jangan melakukan pengereman secara mendadak karena selain membahayakan diri anda juga bisa mengancam keselamatan pengendara yang ada di belakang anda.

4. Selalu siap

Jika jarak melakukan pengereman terlalu pendek dan sudah tidak ada waktu lagi untuk menghindari lubang sebaiknya angkat pinggul anda lalu tekuk lutut dan siku serta genggam setang kemudi dengan kuat. Cara tersebut bertujuan untuk menghindari benturan terlalu keras dan mencegah anda untuk jatuh dari kendaraan. Jika anda tidak melakukan hal tersebut biasanya motor akan menghujam ke lubang dengan keras dan anda pun bisa terlempar ke depan.

5. Waspada dengan kendaraan di depan

Jika anda mengetahui kendaraan di depan yang akan melewati lubang sebaiknya segera kurangi kecepatan anda dan jangan menyalip dari sisi pengendara tersebut untuk menghindari senggolan. Kebanyakan pengendara akan saling menyalahkan jika terjadi kejadian semacam ini. Untuk itulah anda sebaiknya lebih memilih member kesempatan pengendara lain untuk menghindari lubang terlebih dulu daripada anda menyalip dari arah samping yang justru akan menimbulkan benturan. (red/dil)

Artikel Terkait