PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin menerima kunjungan dari tim Shenzhen, China dalam rangka menjajaki kerjasama Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api, (KEK TAA) di Griya Agung, Sabtu (20/8).

Head of Indonesian Investment & Trade Organization, Tri Harsono mengharapkan kunjungan investor dapat membuahkan hasil yang positif bagi daerah yang memiliki petensi investasi. “Kita berharap ini bukan kunjungan biasa dan membawa manfaat bagi kita semua karena sudah ada beberapa daerah yang ditinjau,” katanya.

Diakui Tri Harsono, penjajakan kerja sama yang difasilitasi oleh KADIN Sumsel tersebut akan ada tindak lanjutnya kedepannya. “Insya Allah, Kita Berhara setengah bulan nanti ada keputusan fokus investasi akan dilakukan dimana,” ucapnya.

Ditambahkannya, Jakabaring memiliki daya tarik dan berpotensial bagi investor, sesuai dengan survei yang dilakukan dan standar interest point.

Selain kemajuan transportasi yang sudah berkembang pesat, kerjasama dengan investor juga akan bergeser ke bidang perhotelan. “Untuk hotel nantinya akan kerjasama dengan KADIN Sumsel,” ungkapnya.

Wakil Ketua Umum KADIN Sumsel, Affandi Udji menjelaskan pemprov Sumel sangat terbuka dengan siapapun yang ingin melakukan kerjasama investasi dengan Sumsel dan tugas KADIN Sumsel adalah membangun sumsel melalui pelaku-pelaku usaha. “Seperti yang kita ketahui Shenzen adalah daerah terkaya di China. Untuk TAA sudah mereka jajaki juga, kita harapkan hasil yang terbaik nantinya,” katanya.

Namun untuk penjajakan kerjasama dengan perusahaan Tiongkok kali ini, pihaknya belum memastikan secara pasti kesepatakan secara spesifik menyangkut bidang maupun nilai investasi yang sedang dibicarakan.

“Kami belum bisa membeberkan secara pasti mengenai kerjasama ini. Yang jelas, pihak perusahaan Tiongkok ini serius dan Pak Gubernur menyambut baik. Mungkin satu atau dua bulan ke depan, akan kami umumkan hasil kesepakatan kerjasama ini,“ katanya.

“Tentu kerjasama yang menguntungkan bagi Sumsel akan diterima dengan baik walau harus melalui berbagai tahapan,” katanya lagi. (juniara)

Artikel Terkait