PALEMBANG — Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) agar tidak terulang kembali provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki cara tersendiri. Selain dengan merestorasi lahan gambut, Sumsel menerapkan kepada petani agar menanam tanpa membakar.

Kepala Dinas Pertanian , Tanaman Pangan dan Holtikiltura Sumsel, Erwin Noor Wibowo mengatakan, dengan menanam tanpa membakar selain tidak menimbulkan titik api, hasil produksi disektor pertanian juga akan meningkat.

“Kita mengantisipasi bagaimana peningkatan produktivitas lahan tanoa membakar

Produktivitas lahan ditingkat tanpa membakar, kita tidak membiarkannya menganggur dan tumbuh semak belukar yang ujungnya akan dibakar kembali. Jadi, kita antisipasi terus menerus dengan menanam secara berkelanjutan,” jelas Erwin saat diwawacarai di Griya Agung, Rabu (08/02).

Diungkapkan Erwin, untuk tahun ini petani Sumsel panen lebig cepat dua bulan dari biasanya, tentu saja hal ini berdampak bagus dengan nilai jual hasil produksi.

“Panen kali ini lebih cepat tujuannya untuk mencapai harga yang lebih baik dan selanjutnya ditanan kembali agar lahan tidak sempat kosong. Jadi Karhutla teratasi.dan masyarakat juga diuntungkan,” tukasnya. (juniara)

Artikel Terkait