PALEMBANG — Peningkatan mutu pelayanan kesehatan di masyarakat akan sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM) dan tenaga medis yang tersedia. Dan sebagai salah satu kampus kesehatan ternama di Palembang, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Siti Khadijah menyadari pentingnya hal tersebut dan terus mengoptimalkan perannya untuk mencetak tenaga medis yang Handal.

Ketua STIK Siti Khadijah, Edward Efendi yang saat ini resmi memegang tampuk kepemimpinan, menegaskan bahwa fokus pertama dirinya adalah membenahi SDM dengan meningkatkan kualitas tenaga pendidik juga seluruh staf serta manajemen agar sesuai standar yang ada.

Selain itu, yang menjadi fokus Edward Efendi saat ini adalah membangun dan melengkapi sarana serta prasarana yang ada di STIK Siti Khadijah. “Saat ini kita masih melalukan perbaikan sarana seperti laboratorium praktik yang sudah ada sebelumnya, namun kelengkapannya hanya 70 persen,” katanya.

Menanggapi tantangan dari ketua Kopertis Wilayah II, Slamet Widodo untuk menjadikan STIK Siti Khadijah menjadi Universitas, dirinya menilai ini merupakan tantangan yang tidaklah mudah. “Masih banyak yang harus kita benahi, dari sarana dan prasarana kita belum mumpuni harus dipenuhi dulu serta tenaga pendidik yang kita tuntuk untuk linear dengan jurusan yang diampunya,” ungkapnya.

Selain ditinjau dari kualitas dan kuantitas tenaga pendidik yang ada serta peran aktif mahasiswa, menentukan terakreditasi dan masuk ke dalam dunia global, STIK Siti Khadijah juga harus melakukan riset serta hasil penelitian ilmiah yang wajib dipublikasikan di kancah domestik maupuan internasional.

Kedepannya, Ketua STIK Siti Khadijah periode 2016-2020 ini juga menjelaskan akan mengadakan kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Australia dan Tiongkok.

“Ketua yang lama telah berkolaborasi dengan Thailand dan Filipina, nah saat ini saya memberikan rencana kerja ke Griffith University di Australia juga Ghunzu Hospital di Tiongkok, sehingga diharapkan mahasiswa kita bisa magang disana nantinya,” pungkasnya. (juniara)

RelatedPost