PALEMBANG — Untuk mencapai peningkatan hasil produksi perikanan di Sumatera Selatan (Sumsel), pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan akan membuka lahan produksi perikanan serta memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Sri Dewi Titisari, Jumat (03/02) mengatakan, pemprov Sumsel mempunyai untuk meningkatkan hasil produksi perikanan, tentu yang pertama harus diperbaiki adalah pengelolahnya atau SDM melalui pusat pendidikan pelatihan khusus perairan kumuh daratan.

“Sumsel memiliki itu (pusat pelatihan) dengan lahan 10 hektare yang letaknya di Polygon, jadi disana ada pusat pelatihan ikan umum dan daratan serta ada badan kerampungan ikan,” jelas Sri pada awak media.

Oleh karena itu, sambung Sri, pemerintah berharap dengan adanya pusat pelatihan, kualitas SDM di Sumsel dapat meningkat sehingga hasil produksi juga bertambah.

“SDM yang dilatih bukan hanya pegawai negerinya tetapi juga PPL dan pelaku utama perikanan yakni kelompok pembudi daya ikan,” kata dia.

Dikatakan Sri, untuk konsumsi ikan di Sumsel pada tahun 2016 mencapai 38,98 kilogram perkapita pertahunnya sesuai dengan target nasional.

“Target tahun ini sekitar 40 kilogram perkapita pertahunnya,” ungkap Sri.

Dikatakan Sri, dirinya optimis pemerintah pada tahun ini produksinya akan sesuao target melalui peningkatan budidaya ikan.

“Tidak melalui penangkapan diperairan lepas karena itu akan menghabisi stok ikan yang ada,” singkatnya. (juniara)

Artikel Terkait