Laskarwongkito.com-Timnas U-16 Indonesia akhirnya berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2018 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) setelah mengalahkan Thailand lewat babak adu penalti.

Kedua tim bermain imbang 1-1 selama waktu normal. Gol timnas U-16 Indonesia pada laga ini dicetak oleh Fajar Fatchur Rohman pada menit ke-33. Sementara gol penyama kedudukan Thailand lahir dari kaki Apidet Janngam (72′).

Jalannya pertandingan waktu normal:

Garuda muda sudah mendominasi penguasan bola sepanjang awal babak pertama dengan mengandalkan kecepatan untuk menusuk ke pertahanan Thailand. Peluang emas pertama untuk timnas U-16 Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-13 melalui gerakan indah Bagus Kahfi di dalam kotak penalti yang mampu mengelabui bek Thailand.Pemain bernomor punggung 20 ini pun langsung melepaskan tendangan ke arah gawang Thaliand, sayang sepakannya masih membentur tiang gawang.

Tekanan demi tekanan masih dilancarkan skuat besutan Fakhri Husaini selama 20 menit jalannya babak pertama. Sementara itu, Thailand mengandalkan skema serangan balik. Pada menit ke-28, Indonesia mencetak gol ke gawang Thailand lewat kaki Muhammad Supriadi. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran Supriadi berada di posisi offside.

Gol yang ditunggu-tunggu pendukung timnas U-16 Indonesia pada laga ini lahir lewat kaki pemain pengganti, Fajar Fatchur Rohman, pada menit ke-33. Berawal dari umpan terobosan indah yang dikirimkan David Maulana, Fajar mampu melepaskan sontekan yang mengelabui kiper Thailand. Dengan gol ini, timnas U-16 Indonesia untuk sementara unggul atas Thailand dengan skor 1-0.

 

Babak kedua:

Dalam keadaan tertinggal 0-1 dari Indonesia, Thailand mencoba tampil lebih menyerang pada babak kedua. Skuat besutan Thongchai Rungreangleas mencoba mendominasi penguasaan bola. Namun, hingga sepuluh menit berjalannya babak kedua, upaya Thailand belum membuahkan hasil. Tak ada satupun peluang yang membahayakan gawang Indonesia. Kedua tim pun silih berganti melancarkan serangan ke area pertahanan lawan.Namun, upaya keduanya masih belum membuahkan peluang emas.

Sejumlah peluang yang dimiliki skuat Garuda Asia juga berulang kali hanya berakhir dengan tendangan gawang. David Maulana dkk masih terburu-buru dalam memaksimalkan peluang yang diperoleh. Memasuki menit ke-72, timnas u-16 Thailand akhirnya berhasil mencetak gol lewat sepakan Apidet Janngam. Gol berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia yang gagal mengawal pergerakan Apidet.Pemain bernomor punggung 17 ini berhasil menyambar umpan silang rekannya dari sisi kanan penyerangan.

Dengan gol ini, Thailand berhasil menyamakan kedudukan dan merubah skor menjadi 1-1 hingga akhir pertandingan dan mengharuskan kedua tim untuk melanjutkan ke babak adu tendangan penalti.

Berikut hasil adu penalti kedua tim:

Thailand (nomor punggung 7) : Gol

Indonesia – Sutan Diego Zico: Gol

Thailand (nomor punggung 17): Gagal

Indonesia – Amiruddin Bagus Kahfi: Gol

Thailand (nomor punggung 20): Gol

Indonesia – Rendy Juliansyah: Gol

Thailand (nomor punggung 11): Gol

Indonesia – David Maulana: Gol

Thailand: Gagal

Hasil Adu Penalti: 4-3

Artikel Terkait