PALI — Kabag Strajemen Biro Rena Polda Sumsel AKBP Hubaidah bersama rombongan sambangi Bumi Serepat Serasan, Selasa (2/8) untuk mengecek lahan yang rencananya untuk pembangunan markas Polres PALI.

Lahan yang berada di wilayah Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi tersebut didapat dari hibah PT Surya Bumi Agro Langgeng (SAL) persis dipinggir jalan lintas menuju kota Pendopo.

Tim dari Polda Sumsel tersebut disambut Plt Sekda PALI Robby Kurniawan,pimpinan PT SAL,anggota komisi III DPRD Soemarjono dan sejumlah kepala SKPD di jajaran pemerintahan kabupaten PALI.

“Kita datang kesini untuk memastikan atau melakukan verifikasi lahan untuk pembangunan Polres PALI serta uji kelayakan,selanjutnya akan kita laporkan ke Mabes Polri,” ujar Hubaidah.

Dijelaskanya bahwa ketentuan untuk membangun markas Polres dibutuhkan lahan minimal 5 hektare. “Minimal 5 hektare untuk bangun Polres.Setelah saya lihat sendiri kesini,memang lahan ini cukup cocok untuk dibangun Polres,karena berada ditengah-tengah pemukiman penduduk juga akses jalannya mendukung karena terletak dijalan lintas,” jelasnya.

Sementara itu Robby Kurniawan merasa optimis Polres PALI segera berdiri. “Apa yang telah dilakukan PT SAL patut dicontoh perusahaan lain,dan saya optimis Polres PALI segera berdiri, dimana sebagai kelengkapan pemerintahan selain harus ada Polres, juga BPN, Kemenag, Kajari dan Pengadilan sebagian sudah dibentuk dan rencananya segera dibangun perkantoranya,”  ucap Sekda.

Lanjut Sekda bahwa Pemda PALI sangat membutuhkan adanya Polres. “Suatu pemerintahan tidak akan berjalan baik apabila Kamtibmasnya tidak stabil.Oleh sebab itu, adanya Polres bukan hanya sekedar pelengkap melainkan untuk menciptakan rasa aman dan tentram ditengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Hairul Tambunan General Manager (GM) PT SAL mengatakan akan berkoordinasi dengan Direksi pusat atas rencana pemberian lahan untuk Polres PALI. “Kami sediakan dua tempat untuk pembangunan Mapolres, namun sesuai arahan Ibu AKBP Hubaidah tadi yang menyatakan bahwa layaknya bangunan Mapolres adalah 5 hektare, tentu kami akan koordinasikan terlebih dahulu dengan pimpinan pusat,” terangnya.

Diakuinya, niat perusahaan untuk menghibahkan lahan sebagai bentuk dukungan terhadap berdirinya Polres. “Kami juga mendambakan keamanan di PALI bisa optimal karena kita akui sekarang ini tingkat kejahatan masih tinggi, salahsatu penyebabnya adalah masih kurangnya aparat kepolisian. Dengan berdirinya Polres, otomatis anggota Polisi bertambah dan tindak kriminal bisa ditekan,” harapnya. (yudhi)

RelatedPost