PALEMBANG — Pertamina Plaju Palembang menggelontorkan dana program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina (Persero) berupa kegiatan operasi Hernia, operasi Bibir Sumbing dan operasi Katarak gratis bagi masyarakat Provinsi Sumatera Selatan.

Tiga Program CSR Pertamina Plaju Palembang ini akan dilaksanakan 12-13 November mendatang di Rumah Sakit Pertamina Plaju.

2Direktur Rumah Sakit Pertamina Plaju Dr. Dody Alamsyah mengatakan, untuk operasi Hernia sendiri sudah dilaksanakan pada 28-29 Oktober lalu, sekita 52 pasien dan untuk dua operasi lainnya akan dilaksanakan 12-13 November mendatang dengan target operasi katarak sekitar 200 pasien dan operasi bibir sumbing sekitar 30 pasien.
“Kita minta Gubernur Sumsel Alex Noerdin bisa meluangkan waktu membuka kegiatan ini tanggal 12 November di RS Pertamina Plaju,” ungkap Dr. Dody Alamsyah usai audensi bersama Gubernur Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Jum’at (4/11).
Lebih lanjut Dr. Dody Alamsyah menambahkan, untuk operasi Katarak, pihanknya melakukan kerjasama dengan Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Sumsel yang diketuai DR. dr. Anang Triwibowo Sp.M(K) yang juga merupakan Dirut Rumah Sakit Mata Sumsel.
3Menurutnya, operasi katarak ini sangat berguna bagi masyarakat, seperti para petani, nelayan, karena pandangan masyarakat selama ini kalu tidak bisa melihat adalah buta, dan sebenarnya buta akibat katarak bisa disembuhkan.Tahun ini, kata Dody Alamsyah, Pertamina Plaju menganggarkan dana CSR sekitar Rp. 800 Juta. Setiap tahunnya, operasi katarak yang dilakukan Pertamina Plaju terus meningkat di tahun 2014 berjumlah 50 pasien, 2015 sebanyak 75 pasien dan tahun 2016 ini menjadi 200 pasien.

“Kita tetap membuka pendaftaran sampai tanggal 11 November, kita menghimbau masyarakat yang memiliki sodara terkena penyakit katarak bisa datang langsung ke RS Pertamina Plaju, syaratnya sangat mudah hanya dengan membawa Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga,” ujarnya.

Dody Alamsyah menjelaskan, Pihaknya mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan moment ini sehingga dari target 200 pasien bisa bertambah lagi. Semua ini, kata Dody, merupakan bentuk kepedulian Pertamina kepada masyarakat Sumsel secara langsung.4

“Datang saja langsung ke RS Pertamina Plaju tanggal 11 kita lakukan pemeriksaan awal jika dokter benar menyatakan katarak bisa langsung kita operasi dan gratis,” terangnya.

Sementara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyambut baik kegiatan Pertamina Plaju ini, karena bukan hanya diperuntukan bagi masyarakat Palembang saja, melainkan untuk seluru masyarakat Sumsel.

Menurut Alex, lebih jauh sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumsel sudah memeberikan pelayanan kesehatan gratis khusus penyakit mata seperti katarak dan lainnya dengan membangun Rumah Sakit Mata Provinsi Sumsel

Dijelaskannya, Rumah Sakit Mata Provinsi Sumsel merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, setiap hari 10 sampai 15 orang dilakukan operasi katarak dan berkelanjutan sepanjang tahun

“Kita menyambut baik dan mengapresiasi program CSR Pertamina Plaju ini, kita harapkan program ini tidak hanya sekali ini saja, melainkan bisa berkelanjutan untuk masyarakat Sumsel,” pungkas Alex. (adv)

RelatedPost