Sosok pelatih yang akan menangani pemain muda binaan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Selatan, Rudy Keltjes akhirnya tiba di Palembang, Rabu (1/4) sore. Bahkan sosok eks pemai timnas ini pun begitu tiba langsung menyempatkan diri melihat sesi latihan puluhan pemain muda yang tergabung dalam Diklat Asprov di lapangan softball-baseball Jakabaring Sport City.

Pengurus Asprov PSSI Sumsel, Bambang Supriyanto yang mendampingi Rudy Keltjes mengatakan bahwa kehadiran pelatih senior di Indonesia tersebut baru sebatas silaturahmi terlebih dulu. “Memang Rudy Keltjes sudah melakukan pembicaraan intensif dengan Asprov PSSI Sumsel, namun keputusan resminya akan menunggu sesuai kepulangan ketua umum yakni bapak Muzni Wijaya pulang dari ibadah umroh dalam beberapa hari kedepan,” jelas Bambang.

Menurutnya, hubungan baik antara Asprov PSSI Sumsel dengan sosok Rudy Keltjes memang sudah terjalin sejak SFC U21 mengirimkan mayoritas pemainnya ke dalam timnas U21 yang bertanding di Cotif Tournament, Agustus tahun lalu di Valencia Spanyol. “Jadi ini istilahnya silaturahmi dan kangen-kangenan terlebih dulu, semoga semuanya berjalan lancar dan beliau jadi melatih disini,” ungkap pengelola Wisma Atlet Jakabaring ini.

Saat meninjau sesi latihan, Rudy sendiri langsung memberikan instruksi serta turun langsung mengajarkan teknik bermain kepada puluhan pemain muda tersebut. “Saya melihat Sumsel punya potensi yang besar, apalagi disini fasilitasnya sangat menunjang. Saya gregetan tidak ada wakil Sumsel di kelompok umur dengan sumber daya seperti ini, tapi memang banyak sekali yang harus dibenahi bersama,” ungkap Rudy.

Dirinya pun menegaskan bahwa kehadirannya di Asprov PSSI Sumsel juga untuk lebih meningkatkan mutu pelatih lokal. “Bukan berarti saya lebih paham, namun rasanya saya punya pengalaman yang bisa dibagi. Bakat serta talenta yang ada juga harus dibimbing dengan teori serta praktek yang mumpuni dari para pelatih,” tegasnya.

Rudy sendiri sejak setahun terakhir ini memang dipercaya menjadi technical advisor di beberapa timnas kelompok umur di Indonesia. Terakhir Rudy mendapat jabatan sebagai konsultan teknik bagi timnas U19 besutan Indra Sjafri tahun lalu. Terakhir, sosok Rudy masuk dalam tim sinergi bentukan PSSI yang bertugas membuat blue print pembinaan sepakbola nasional. Di Asprov PSSI Sumsel sendiri, Rudy sendiri diproyeksikan menjadi pelatih kepala sekaligus supervisor untuk tim persiapan Pra PON 2016 mendatang.

Artikel Terkait