Sriwijaya FC bertekad meneruskan tren positif di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) dan poin penuh dibidik saat menjamu Mitra Kukar, Minggu (29/5) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Namun perjuangan laskar wong kito dipastikan tidak akan mudah mengingat Mitra Kukar yang kini dilatih oleh eks pelatih SFC, Subangkit belakangan menjadi salah satu lawan tangguh dan sulit untuk dikalahkan.

Dalam 2 pertemuan terakhir, Firman Utina dkk bahkan tidak pernah berhasil memenangkan pertandingan dan selalu bermain imbang dengan skuad Naga Mekes. Tetapi nada optimis terus disampaikan oleh pelatih SFC, Widodo C Putro dan mengaku sudah mengantongi kelemahan Mitra Kukar setelah menonton rekaman pertandingan Hendra Bayauw dkk.

“Saya tidak pernah melihat ke belakang, meski di 2 pertemuan terakhir SFC tidak bisa menang atas Mitra Kukar, tapi bermain di kandang sendiri tentu berbeda. Saya sudah antisipasi gaya bermain Mitra yang cukup agresif, yang jelas poin penuh wajib hukumnya saat kami bermain di GSJ,” tegasnya. Tetapi pelatih asal Cilacap ini berulang kali menyebut bahwa anak asuhnya nanti harus melupakan hasil baik di laga sebelumnya dan tidak pernah menganggap remeh lawan di lapangan. “Jangan sampai mereka over confidende, sama seperti sebelumnya kerja keras dan bermain sesuai dengan sistem yang kami siapkan saat latihan adalah kunci untuk memenangkan pertandingan,” tambahnya.

Menurutnya, permainan Mitra Kukar sangat mengandalkan kecepatan para winger yang ditunjang ketajaman duet asingnya yakni Alan Leandro  dan Marlon da Silva. “Melihat rekaman pertandingan mereka, gol yang dihasilkan lahir dari kepintaran strikernya memanfaatkan kelengahan lini belakang lawan dan set piece yang dilatih saat latihan sehari-hari, hal ini menjadi perhatian utama kami nantinya,” ujar eks asisten pelatih timnas ini.

Sementara itu, pelatih Mitra Kukar Subangkit mengaku hanya mengincar hasil imbang di laga ini. “Kami harus realistis, bermain di kandang lawan dan bisa mencuri poin dari tim sekelas SFC bukanlah sesuatu yang buruk. Itu target kami di Palembang, kondisi tim yang baik dan dukungan penuh dari manajemen membuat seluruh pemain yakin bisa mencapainya,” ujar pelatih asal Pasuruan ini.

Diakuinya, anak asuhnya kini sedang dalam motivasi tinggi pasca meraih hasil impresif di 4 laga awal TSC termasuk dua kemenangan beruntun saat melawan PS TNI dan Arema Cronus. “Kemenangan di 2 laga terakhir saat away saat melawan PS TNI dan ketika di kandang sewaktu mengalahkan tim kuat Arema Cronus sangat penting buat kami. Moral seluruh pemain sedang bagus-bagusnya, namun melawan SFC tentu akan sangat sulit karena mereka pun sama seperti kami juga memenangi 2 laga terakhirnya dengan catatan yang cukup impresif,” ungkap Subangkit.

Perkiraan susunan pemain

SFC (4-3-3)

Teja Paku Alam, Supardi Masir (c), Mauricio Leal, Fahrudin, Zalnando, Yu Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Eka Ramdani, M Ridwan, Hilton Moreira, Beto Goncalves

Cadangan : Yogi Triana, Ngurah Nanak, Achmad Jufrianto, Wildansyah, Firman Utina, TA Musafri, Anis Nabar

Mitra Kukar (4-4-2)

Sahar Ginanjar, Abdul Gamal, Saepuloh Maulana, Arthur Cunha Da Rocha, Zikri Akbar, Septian David Maulana, Bayu Pradana (c), Rodrigo Santos, Hendra Adi Bayauw, Marlon Da Silva, Alan Leandro

Cadangan : Gery Mandagi, Syahrizal, Dian Irawan, Joko Sidik, Ronald Setmot, Anindito, Yogi Rahadian

Artikel Terkait