laskarwongkito.com — Keputusan pelatih Sumatera Selatan, Rudy Keltjes membangku cadangkan Teja Paku Alam di partai semifinal Pekan Olahraga Nasional(PON) XIX Jabar mendapat pertanyaan dari banyak pihak. Apalagi saat bertemu Sulsel, gawang Sumsel yang dikawal oleh kiper pengganti Jufrianto harus dibobol sebanyak 2 kali dan mengubur asa Sumsel melaju ke partai puncak PON XIX Jabar.

Legenda hidup sepakbola Indonesia ini mengaku keputusannya tersebut sudah dipikirkannya sebaik mungkin. Meski bisa memaksakan bila ingin memainkan Teja di babak semifinal ini, Rudy akhirnya tetap menepikan kiper Sriwijaya FC ini di bangku cadangan dan tetap mempercayakan Jufrianto turun sejak menit awal.

“Saya bisa saja memainkan Teja, dan dia pun sudah mengatakan ke saya bisa turun bermain meski cederanya belum sembuh 100 persen. Tetapi saya tidak mau memaksakan hal itu, karier Teja masih panjang dan resikonya akan sangat besar kedepannya,” ujarnya usai pertandingan.

Menurutnya, Teja lebih baik berkonsentrasi bersama laskar wong kito kedepannya. “Kalau saya paksakan, nanti bisa saja lebih parah. Kami harus memproteksi pemain yang tidak siap bermain, apalagi Teja masih muda. Saya harus menjaga masa depannya bersama SFC,” jelasnya.

Rudy juga mengaku enggan menyalahkan permainan Jufrianto yang di laga ini harus memungut bola 2 kali dari gawangnya. “Sepakbola permainan kolektif, kemarin sudah saya tekankan bahwa seorang kiper tidak akan mendapat banyak masalah bila lini pertahanan, lini depan dan tengah mampu memproteksi permainan di lapangan. Dia sudah menunjukkan yang terbaik dan harus bangkit secepatnya,” tambahnya.

Sementara itu, Teja Paku Alam usai pertandingan langsung menghampiri Jufrianto dan menghibur rekannya yang sangat terpukul dengan kekalahan atas Sulsel ini. “Ayo kawan-kawan, pertandingan sudah selesai. Kita sudah memberikan yang terbaik, jangan sedih lagi. Kedepan, PON Sumsel dan SFC akan jauh lebih baik, kekalahan ini akan menguatkan kita,” hibur Teja dengan sikap penuh sportifitas dan respek kepada rekan-rekannya. (dedi)

Related Post