PALEMBANG — Kemenangan Sriwijaya FC atas Persiba Balikpapan, Selasa (29/8) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang harus dibayar mahal. Salah satu pemain laskar wong kito yang bermain apik di laga inu yakni Yanto Basna dipastikan absen di laga berikutnya saat menjamu Persib Bandung (4/9) mendatang karena terkena kartu kuning di laga ini.

Pemain asal Papua ini dihadiahi wasit Handri Kristianto di menit 83 babak kedua karena dianggap melanggar Siswanto di sisi kanan pertahanan SFC. Dan kartu kuning di laga ini menjadi KK ketiganya sepanjang kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 dan membuatnya harus absen saat menjamu Maung Bandung nantinya.

Pelatih SFC, Hartono Ruslan sendiri menyebut penampilan Yanto Basna di laga ini sangat baik dan duetnya bersama Dominggus Fakdawer di jantung pertahanan mampu memberikan rasa aman. “Tetapi inilah problemnya, kita baru saja menemukan ritme dan kombinasi yang pas di posisi stopper, namun harus kembali dirubah nanti karena Yanto terkena akumulasi,” jelasnya usai pertandingan.

Namun Hartono sendiri mengaku tidak terlalu mempermasalahkan absennya pemain timnas di Piala AFF 2016 lalu ini dikarenakan sudah mendapat pelapis yang tidak kalah baiknya. “Yanto memang sangat penting, tetapi sekarang masalah SFC di awal dulu saat krisis pemain di lini belakang sudah teratasi dengan sembuhnya pemain lain. Nanti akan kita coba duet lain di sesi latihan sebelum melawan Persib, semua pemain seperti M Roby, Bio Paulin, Bobby Satria atau Achmad Faris punya peluang yang sama,” tambahnya.

Pelatih asal Solo ini sendiri menyebut kemenangan atas Persiba ini juga banyak terbantu karena lini belakang yang bermain lugas sepanjang pertandingan. Seluruh pemain di lini belakang disebutnya sangat disiplin dan bisa membantu serangan saat dibutuhkan.

“Termasuk penjaga gawang, Teja Paku Alam yang tadi sempat lambat panas di babak pertama. Namun akhirnya dia mampu meningkatkan sentuhannya di babak kedua dan bermain baik dalam membaca serangan lawan,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait