PALEMBANG — Pelatih Sriwijaya FC, Hartono Ruslan mengaku laga melawan Persija Jakarta, Sabtu (7/10) sore di stadion Madya Bumi Sriwijaya Palembang akan sangat krusial bagi pihaknya. Meskipun Macan Kemayoran nantinya tidak akan diperkuat sejumlah pemain pilarnya, namun arsitek asal Solo ini menyebut kekuatan Persija tidak akan timpang dan tetap akan membahayakan nantinya.

Di laga pekan 28 kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 ini, Persija Jakarta memang sudah dipastikan akan kehilangan beberapa pemain karena berbagai alasan. Ramdani Lestaluhu dan Reinaldo Da Costa akan absen karena mengalami cedera, nama terakhir sendiri bahkan sudah divonis harus beristirahat hingga musim ini selesai untuk pemulihan patah kakinya.

Selain 2 nama tersebut, 1 nama pilar Persija lain yang akan absen adalah Willian Pacheco, palang pintu tangguh asal Brasil. Bek bertubuh jangkung ini sendiri memang menjadi momok menakutkan bagi SFC di putaran pertama lalu (14/6) di stadion Patriot Bekasi. Selain menjadi tembok kokoh di lini pertahanan Persija, Willian juga acapkali turut membantu penyerangan dan beberapa kali posturnya yang tinggi mampu memberikan keuntungan.

Di putaran pertama lalu, gol tunggal untuk Persija sendiri dihasilkan oleh Willian di awal babak pertama yang berhasil memanfaatkan umpan dari tendangan sudut. Sehingga bakal absennya Willian diyakini akan mampu memberikan keuntungan bagi SFC saat kedua tim kembali bentrok nantinya.

Namun pelatih SFC, Hartono Ruslan menampik hal ini dan menegaskan sang lawan punya sederet pemain lainnya yang punya kualitas setara di posisi Willian Pacheco. “Saya pikir justru akan sangat berbahaya bila kita sudah yakin punya keuntungan karena ada beberapa pemain lawan yang absen. Untuk posisi stopper, Persija masih ada Maman Abdurrahman serta Gunawan Dwi Cahyo yang sangat berpengalaman, lalu ada juga Ryuji Utumo yang tidak kalah bagusnya, jadi saya pikir laga nanti tetap akan sangat berat untuk SFC,” tegasnya.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Hilton Moreira, salah satu legiun asing. “Permainan sepakbola itu 11 melawan 11 pemain, jadi tidak hanya ditentukan oleh seorang pemain saja. Belum tentu kita akan menang karena Willian Pacheco tidak turun, pemain lainnya juga pasti punya semangat tinggi untuk menggantikannya dan itu sangat berbahaya,” ujarnya singkat. (dedi)

Artikel Terkait