PALEMBANG — Sriwijaya FC sukses meraih poin penting usai mengalahkan tuan rumah Persiba Balikpapan dengan skor 2-0, Selasa (9/5) malam di stadion Gajayana Malang. Tambahan poin penuh ini sukses membawa laskar wong kito ke peringkat 9 klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2017 dengan poin 7 dari 5 pertandingan.

Dua gol bagi SFC sendiri dicetak oleh Maldini Pali di menit 24 babak pertama dan Hilton Moreira sukses menambah keunggulan saat laga tinggal tersisa 3 menit lagi. Pelatih SFC, Oswaldo Lessa menyebut bahwa kunci kemenangan anak asuhnya di laga ini karena mampu menterjemahkan taktik yang sudah disiapkan sebelumnya.

“Hari ini kita bermain biasa, namun bisa menang. Bagi saya 2 pertandingan sebelumnya SFC bermain lebih kualitas tapi gagal dapat poin, namun inilah sepakbola. Kemenangan ini sangat penting karena pemain tambah percaya diri, jika kalah maka kondisi kami sangat bahaya,” ungkap pelatih asal Brasil ini usai pertandingan.

Menurutnya, skema 4-3-3 yang diterapkannya di laga ini sempat tidak berjalan dengan baik di awal pertandingan. “Namun saya minta pemain untuk lebih tenang karena saya tahu mereka punya kualitas, tapi kunci kemenangan SFC menurut saya karena seluruh pemain mampu bermain dengan hati, mereka menunjukkan kepantasannya menggunakan jersey besar ini. Tapi perjalanan masih panjang, saya berharap tren positif ini bisa diteruskan kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, pencetak gol kedua SFC Hilton Moreira mengaku bahwa sebelum laga ini digelar, seluruh pemain sempat merasa dalam tekanan. “Kami dapat hasil buruk di 2 laga sebelumnya, jadi semua pemain sepakat harus menang di laga ini. Tidak usah main cantik, tapi dapat poin, sebelumnya kami bermain bagus cuma hasil akhir tidak berpihak, selain itu mala mini seluruh pemain bermain dari hati, kami bertanggung jawab kepada suporter yang selama ini sudah setia mendukung kami,” ujar pemain asal Brasil ini.

Sementara itu, pelatih Persiba Milomir Selsija mengaku sangat kecewa dengan hasil yang diterima di laga debutnya bersama Beruang Madu ini. “Kami mengawali pertandingan dengan baik, punya 2 kesempatan mencetak gol di babak pertama. Namun Persiba seperti memberikan hadiah kepada lawan, gol mereka semua berasal dari kesalahan sendiri dan seharusnya tidak terjadi,” keluhnya.

Namun pelatih asal Bosnia ini menyebut bahwa Marlon Da Silva dkk sudah menunjukkan yang terbaik. “SFC punya kualitas dan mereka mampu memanfaatkannya, kompetisi masih panjang, saya punya pemain yang mau kerja keras. Kedepan Persiba akan lebih baik,” pungkasnya.

Jalannya pertandingan

Kedua tim langsung mengambil inisiatif menyerang sejak peluit dibunyikan wasit Prasetyo Hadi yang memimpin pertandingan. Kapten Persiba, Marlon Da Silva sempat mendapat peluang di awal pertandingan, namun akselerasinya mampu dihalau oleh Bobby Satria yang bermain cukup taktis di laga ini.

Setelah itu, giliran Alberto Goncalves yang punya kesempatan merubah skor, namun kegemilangan Yoewanto Beny yang menjaga gawang Persiba mampu menghalau peluang tersebut. Namun di menit 24, sebuah assist matang yang diberikan Beto mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Maldini Pali dan membawa tim tamu unggul terlebih dulu.

Setelah itu, Persiba yang memainkan 4 legiun asingnya terus menggempur lini pertahanan SFC, tetapi kegemilangan Yu Hyun Koo dan Hilton Moreira yang menempati posisi gelandang bertahan mampu menghalau serangan. Skor 0-1 sendiri menutup 45 menit babak pertama.

Di babak kedua, SFC langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Nur Iskandar menggantikan Slamet Budiono. Hasilnya, beberapa peluang sempat didapat oleh SFC melalui Maldini Pali dan Alberto Goncalves, tetapi tendangan kedua pemain tersebut belum menemui sasaran.

Terus diserang, Lessa lalu kembali memasukkan darah segar dengan mengganti Tijani Belaid dengan Rahmad Hidayat. Keasyikan menyerang, lini pertahanan Persiba lengah dan sebuah serangan balik yang dirancang oleh Nur Iskandar mampu diselesaikan dengan sundulan mematikan oleh Hilton Moreira. Setelah gol ini, tuan rumah secara sporadis mengurung gawang SFC, tetapi 2 peluang emas Marlon Da Silva kembali dapat digagalkan dengan penyelamatan luar biasa oleh Teja Paku Alam sekaligus menutup laga dengan skor 0-2 untuk kemenangan SFC. (dedi)

Artikel Terkait