PALEMBANG — Jabatan Fungsional merupakan jabatan yang baru dan masih butuh banyak sosialisasi dilingkungan pegawai negeri sipil (PNS). Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala pusat pembinaan analis kebijakan LAN RI, Erna Irawati usai menggelar sosialisasi jabatan fungsional analis kebijakan di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (16/9).

Menurutnya, selama ini banyak orang yang mempunyai mindset jika PNS pasti bisa menjadi pejabat struktural padahal sebenarnya ada jabatan lain yang cukup menarik dan berbasis kepakaran dan profesionalitas.

“Jadi menurut saya, jabatan fungsional itu sangat menarik sekali tidak hanya manegerial saja dan itu aman pekerjaannya karena yang dijual adalah kepakaran bukan politis atau yang lain,” ujarnya.

Diungkapkan Erna, alasan LAN RI membangun kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mensosialisasikan kebijakan pejabat fungsional karena memang belum banyak yang tahu mengenai hal tersebut padahal animonya cukup tinggi.

“Sebenarnya jabatan fungsional adalah jabatan strategis untuk kondisi saat ini, kerjanya adalah menganalisis kebijakan sesuai kemampuan dan bidangnya masing-masing untuk menjadi bukti serta landasan jika pejabat akan mengambil keputusan,” jelasnya. (juniara)

RelatedPost