Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan mengaku tidak gentar meski harus berhadapan tuan rumah di semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018. Dirinya menyatakan siap meredam ambisi Borneo FC untuk mempertahankan gelar juara di turnamen Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018.

RD juga menyebut adanya perubahan waktu babak semifinal ini cukup menguntungkan pihaknya. Laga semifinal yang semula akan digelar di stadion Samarinda, Jumat (2/3) sore memang akhirnya mengalami perubahan.

Panpel turnamen PGK merubah jadwal laga Borneo FC kontra SFC ke malam dan memajukan laga Persebaya Surabaya melawan Arema FC ke sore hari. “Pasti ada positif negatif, namun dari sisi recovery kami cukup terbantu. Tetapi di sisi lain kami juga harus beradaptasi dengan lapangan stadion Palaran,” jelas RD saat sesi pre post match, Kamis (1/3) sore.

Di laga ini, RD sendiri mengisyaratkan akan menurunkan pemain yang memiliki kebugaran prima dan sudah diistirahatkan saat laga penutup grup B melawan Persebaya (28/2) kemarin. “Ini bagian dari persiapan, saya juga senang karena disini kami akan kembali menghadapi tim dengan dukungan suporter yang banyak, bagus untuk simulasi laga away nantinya. Selain itu saya juga ingin melihat pemain merespon usai kekalahan di laga terakhir kemarin, saat Piala Presiden lalu kami pernah berada di posisi seperti ini dan hasilnya positif, saya berharap hal ini bisa dipertahankan,” bebernya.

Sementara itu, pelatih Borneo FC Iwan Setiawan mengaku sangat menantikan laga ini. “Saya senang bertemu SFC, namun lebih karena dapat beradu taktik dengan salah satu pelatih terbaik di Indonesia, Rahmad Darmawan. Disiplin, kerja keras, fokus dan konsentrasi merupakan harga mati jika kami ingin meraih hasil maksimal,” ungkapnya.

Iwan sendiri mengaku laga ini tidak akan mudah untuk anak asuhnya walau berstatus sebagai tuan rumah dan juara bertahan di turnamen ini. “Kita tahu bahwa mempertahankan akan jauh lebih sulit daripada merebut, saya juga selalu menegaskan bahwa mentalitas adalah kunci kami untuk memenangkan laga ini. Faktor psikologi sangat berperan penting nantinya, namun saya pikir pemain Borneo FC sudah siap,” tegasnya.

Perkiraan susunan pemain SFC :

4–3-3 : Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Hamka Hamzah, Mamadou Ndiaye, Alvin Tuasalamony, Zulfiandi, Adam Alis, Makan Konate, Esteban Viscarra, Manucechr Dzalilov, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandi Firmansyah, Zalnando, Bio Paulin, Ichsan Kurniawan, Syahrian Abimanyu, Patrich Wanggai, Novan Sasongko

Borneo FC

4-2-3-1 : M Ridho, Leonard Tupahamu, Firdaus Ramadhan, Azamat Baimatov, Abdul Rahman, Julian Faubert, Srdan Lopicic, Titus Bonai, Sultan Samma, Marlon Da Silva, Lerby Eliandry

Cadangan : Ngadeo Argawinata, Edy Gunawan, Ambrizal Umanailo, Mahadirga Lasut, Wahyudi Lamisi, Rivat Lastori, Febri Hamzah

Artikel Terkait