PALEMBANG — Peresmian pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Karang Dapo, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara dengan jumlah relawan Tagana sebanyak 1.000 perwakilan dari tiap desa se Kabupaten Muratara berhasil memecahkan rekor Muri dengan jumlah relawan terbanyak.

Dikatakan Kepala Dinas Sosial provinsi Sumatera Selatan, Belman Karmuda, dibentuknya KSB di kabupaten Muratara, selain mendapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten Muratara, kabupaten ini juga termasuk daerah yang rawan akan terjadinya bencana alam, seperti Banjir.

“Dibentuknya kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat setempat agar dapat mandiri dalam penanggulangan bencana alam,” jelas Belman yang juga merupakan Tokoh Inspirasi Sumsel, Senin (28/11).
Menurutnya, jika terjadi bencana alam, kekuatan masyarakat dan relawan sosial tentu memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatasai bencana sebelum datangnya bantuan.
Lanjutnya, masyarakat provinsi Sumsel juga patut bangga karena menjadi provinsi yang relawan tagananya paling siap dibandingkan provinsi lainnya dalam menghadapi bencana alam.
“Diantara provinsi lain, Dinsos Sumsel yang paling siap untuk relawan sahabat Tagananya, jadi kita mendapat anugerah Rekor Muri,” singkatnya. (juniara)

Related Post