PALEMBANG — Sumatera Selatan akhir-akhir banyak menarik perhatian para investor luar, Setelah beberapa negara menyatakan minatnya dan bahkan ada yang sudah mencapai kesepakatan, kali ini giliran negeri tirai bambu Tiongkok menyatakan minat untuk menanamkan investasi di berbagai sektor pembangunan di daerah-daearah yang memiliki potensi di Sumsel.

Adapun pihak yang berminat tersebut ialahShenzhen Qianhai United Development and Investment Holding (SQUDIH), salah satu perusahaan multi infrastruktur asal Provinsi Shenzhen, Tiongkok yang sedang melakukan penjajakan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

“Kami ingin melihat peluang kerjasama dengan Sumsel karena di sini merupakan provinsi yang kaya, sama seperti Shenzhen yang merupakan provinsi paling kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) di negara kami,” ungkap President of SQUDIH Liu Yinhua di Griya Agung, Sabtu petang (20/8).

Terpisah, perwakilan Indonesia Investment and Trade Organization for China, Tri Harsono, mengatakan pihaknya sudah melihat berbagai potensi di beberapa daerah di Sumsel termasuk Palembang. Meski sudah melakukan survei, namun pihaknya belum menentukan secara detil bentuk kerjasama yang akan disepakati karena masih menunggu berbagai pertimbangan dan pembicaraan selanjutnya dengan Pemprov Sumsel.

“Kerjasama ini kemungkinan berupa pengembangan SDA dan teknologi di Sumsel. Contohnya di Palembang, akan dikembangkan pengoperasian kabel fiber optik, yaitu sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut. Fungsinya untuk mengalirkan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain supaya menghemat energi dan menguatkan koneksi sinyal di Palembang,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait