PALEMBANG — Usai laga melawan PSM Makassar, Sriwijaya FC dipastikan akan menempati home base baru di stadion Bumi Sriwijaya Palembang. Hal ini dikarenakan stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring yang selama ini menjadi kandang laskar wong kito telah memulai renovasi total di bagian untuk persiapan Asian Games 2018 mendatang.

Alberto Goncalves dkk bahkan sudah memulai latihan untuk pertama kalinya di stadion Bumi Sriwijaya, Rabu (19/9) sore. Stadion yang terletak di jantung kota Palembang ini sendiri juga telah mendapat verifikasi langsung dari perwakilan operator kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, Selasa (18/9) kemarin.

Selama proses verifikasi yang berlangsung selama lebih dari sejam ini, seluruh persyaratan dan kelengkapan fasilitas pendukung di stadion Bumi Sriwijaya diperiksa secara detail. Hasilnya, stadion yang juga pernah digunakan untuk perhelatan Asian Games University 2014 dan Islamic Solidarity Games 2013 ini dinyatakan layak untuk menjadi kandang SFC di sisa pertandingan Liga 1 Indonesia 2017.

“Sebelum verifikasi, tadi kami telah melakukan pertemuan dengan manajemen SFC dan pihak kontraktor renovasi stadion GSJ. Hasilnya cukup baik, lapangan dan rumput sudah hampir siap 100 persen. Tinggal tiang gawang yang ukurannya belum standar, namun tadi dikatakan ini pekerjaan kecil dan bukan sebuah masalah besar,” ungkap Somad, perwakilan LIB yang melakukan verifikasi di stadion Bumi Sriwijaya saat ditemui, Rabu (19/9) pagi.

Menurutnya, saat ini pihaknya terus meminta agar pihak kontraktor dapat mempercepat penyelesaian sarana pendukung seperti ruang ganti, wasit dan media. “Kalau catatan krusial tidak ada, karena pihak kontraktor sudah punya timeline dan sejauh ini tepat waktu. Namun memang kami harus memastikan agar di 26 September nanti saat digunakan untuk pertama kalinya tidak mengalami kendala,” tambahnya.

Sementara itu, stadion GSJ sendiri sudah memulai proses pembongkaran di bagian rumput dan ditargetkan akan rampung dalam 3 hari kedepan. Sebelumnya, seluruh tribun GSJ juga telah memulai pemasangan individual seat dan beberapa sarana pendukung seperti locker room, ruang media, medis, wasit juga telah diperbaiki. (dedi)

Artikel Terkait