PALEMBANG — Misi sulit dihadapi Sriwijaya FC saat menghadapi Mitra Kukar, Rabu (7/6) malam di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Tekanan dipastikan akan menghampiri laskar wong kito mengingat di 3 laga sebelumnya hanya mendapat 1 poin dan saat ini terbenam di peringkat 13 klasemen sementara kompetisi Liga 1 Indonesia 2017.

Apalagi bagi pelatih kepala SFC Oswaldo Lessa yang nasibnya juga dipertaruhkan di laga ini. “Saya pikir kami tidak perlu berkata banyak dan hanya perlu membuktikan kemenangan nantinya. Seluruh pemain pun juga sudah berkomitmen yang sama. Semua masyarakat di Sumsel juga tahu bahwa jika saya gagal meraih poin penuh atas Mitra Kukar, maka akan keluar dari SFC,” ungkap pelatih asal Brasil ini saat sesi pre post match, Selasa (6//6) sore.

Menurutnya, pihaknya tidak mempunyai pilihan lain selain bermain lebih agresif guna memforsir kemenangan. “Evaluasi dari laga sebelumnya pasti ada, terutama dari bahaya bola mati. Kemarin di pertandingan terakhir, 2 gol yang bersarang ke gawang SFC semuanya berasal dari corner kick, tentu hal ini tidak boleh terulang lagi,” tegasnya.

Dirinya pun menyebut Mitra Kukar sebagai lawan yang tangguh dan memiliki sejumlah pemain yang dapat merepotkan barisan pertahanan SFC. “Semua pemain mereka berbahaya, terutama marque player-nya yang punya kualitas passing bagus dan mampu memecah kebuntuan. Tentu kami tidak bisa membiarkannya berkembang, pemain yang berada dekat dengannya harus mematikan pergerakan Sissoko,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra menyebut pihaknya datang ke Palembang untuk mempertahankan tren positif yang baru saja diraih oleh timnya di laga pekan lalu. “Di pertandingan terakhir, kami memang menang dan mencetak banyak gol. Tentu saya senang karena itu pencapaian positif dan sesuai harapan. Tapi saya sudah katakan ke pemain untuk mengabaikan hal itu, tetap kerja keras karena dan jangan fokus ke klasemen, meski posisi lebih baik dari SFC tetapi itu bukan jaminan nantinya,” pesannya.

Diakuinya, mepetnya jadwal pertandingan merupakan tantangan besar yang harus dihadapi pihaknya di laga ini. “Kami cuma punya waktu 1 kali latihan sebelum melawan SFC, tentu sangat tidak ideal, tapi saya bersyukur kondisi seluruh pemain fit dan siap tempur,” ungkap pelatih asal Padang ini.

Jafri juga angkat bicara mengenai kondisi yang tengah dialami SFC saat ini. “Saya memang membaca di media bahwa ada masalah internal di SFC, tapi itu bukan kepentingan kami. Jika tuan rumah ingin menang, maka Mitra Kukar pun sama. Pemain saya juga tekankan untuk tidak terpengaruh kondisi tim lawan, apa yang dialami oleh tim lawan bukanlah sebuah keuntungan buat kami, harus fokus fisik dan mental selama 90 menit,” ujarnya. (dedi)

Perkiraan susunan pemain :

SFC (4-2-3-1) Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Yanto Basna, Bobby Satria, Zalnando, Ichsan Kurniawan, Yu Hyun Koo, Tijani Belaid, Hilton Moreira, Rizky Dwi Ramadhana, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandy Firmansyah, Maldini Pali, Hendra Sandi, Gilang Ginarsa, Firdaus Ramadhan, Manda Cingi, Yohanis Nabar, Airlangga Sucipto, TA Mushafry

Mitra Kukar (4-2-3-1) : Joko Ribowo, Syaiful Ramadhan, Jorge Gotor, Syaepulloh Maulana, Wiganda Pradika, M Bachtiar, Abdul Rohim, M Sissoko, Yogi Rahadian, Oh In Kyun, Marciel Cesar

Cadangan : Riki Pambudi, Seftia Hadi, Abdul Gamal, Dhika Pratama, Anindito Wahyu, Hendra Bayauw, Zulham Zamrun, Aldino Herdianto.

Artikel Terkait