Punggawa Sriwijaya FC kali ini harus melewatkan awal Ramadhan tidak dengan keluarga masing-masing. Jadwal pertandingan yang padat membuat Teja Paku Alam dkk harus menjalani awal puasa di kota Medan guna persiapan menghadapi PSMS Medan dalam lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2018, Jumat (18/5) besok.

“Saya sudah 6 musim saat puasa lebih banyak di Palembang, namun biasanya saat awal puasa selalu mendapat libur dan pulang ke kampung halaman terlebih dulu,” ujar Teja Paku Alam saat dihubungi Kamis (17/5) siang. Saat sahur pertama, Teja sendiri mengaku tidak memiliki ritual khusus. “Di rumah saat sahur menunya biasa saja, tapi kalau buka puasa baru melimpah ruah. Pokoknya semua ada, semoga nanti sebelum Ramadhan berakhir ada kesempatan untuk kumpul dengan keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, pemain SFC lainnya Novan Setya menyebut dirinya punya kebiasaan khas yang selalu dilakukannya saat sahur puasa. “Bersama teman-teman di kampung, biasanya saya turut serta membangunkan warga buat sahur. Jadi bukan hanya anak-anak dan remaja saja, tapi juga orang dewasa turut keliling kampung,” jelasnya.

Menurutnya, hal seperti ini pun sudah dilakukan turun temurun dan diharapkan kedepan dapat terus terjaga. “Ini budaya asli Indonesia, jadi jangan sampai hilang. Apalagi melalui kegiatan itu dapat lebih mengakrabkan warga,” harapnya.

Hal berbeda juga dirasakan Syahrian Abimanyu, gelandang muda SFC yang mengaku senang dapat kembali bertemu dengan bulan penuh rahmat ini. “Tiap tahun hampir selalu dengan keluarga, namun dulu yang paling berat saat di Spanyol. Karena puasa disana cukup lama, hampir 18 jam dan pukul 22.00 baru buka puasa,” jelasnya.

Sementara itu, legiun asing SFC Manucechr Dzalilov cukup kaget dengan banyaknya menu makanan saat bulan puasa di Indonesia. “Di Tajikistan kami lebih banyak makan soup khas yang mungkin terlihat biasa tetapi sangat baik untuk kesehatan, kemudian ada juga ayam dan sedikit daging. Kalau disini hampir semuanya ada, tapi saya suka karena bisa mencoba sesuatu yang baru,” ujarnya singkat.

Artikel Terkait