PALI — Pentingnya menjaga serta mencintai dan memanfaatkan lingkungan diajarkan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten PALI kepada puluhan anak-anak asuhan PAUD Bunga Bangsa Talang Ubi,Jumat (11/11) langsung di kebun PKK di jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya.

Hj Sri Kustina selaku ketua TP PKK PALI juga sebagai Bunda PAUD di dampingi Bupati PALI Heri Amalindo langsung berinteraksi dengan anak-anak mengajarkan cara menanam pohon serta mengenalkan manfaat tanaman yang ada di sekitar kebun PKK.

“Kegiatan ini banyak manfaatnya, agar pengenalan lingkungan bisa diajarkan sejak dini pada anak-anak,” kata Bupati.

Ditambahkan Bupati bahwa kelangsungan lingkungan ada ditangan generasi yang akan datang,dan untuk menerapkan kebiasaan menanam pohon serta manfaatnya harus dikenalkan pada anak-anak kita.

“Salahsatu manfaat dari tanaman adalah bisa mengeluarkan oksigen yang gunanya untuk bernapas.Makanya kita harus menjaga dan rajin menanam pohon,” imbuhnya dihadapan puluhan anak-anak.

Sementara,Hj Sri Kustina memaparkan jenis-jenis tanaman, cara mengolah media tanam serta memaparkan manfaatnya.

“Kita harus mengenal jenis tanaman, cara menanam serta manfaatnya, serta kita wajib melestarikan lingkungan kita. Disini banyak tanaman toga atau tanaman obat keluarga dan banyak tanaman sayuran juga buah-buahan, dan kita juga harus bisa menanam disekitar rumah, agar lingkungan kita asri dan sehat,” bebernya.

Istri dari Heri Amalindo juga mempersilahkan kepada seluruh pengurus TK atau PAUD mendatangi kebun PKK.

“Kalau mau mengajarkan anak didiknya cara bertanam atau mengenalkan jenis-jenis tanaman,silahkan datang langsung ke kebun PKK.Agar generasi kita kedepan bisa menjaga serta melestarikan lingkungan,” pungkasnya.

Usai pengenalan serta cara bercocok tanam, seluruh anak-anak diajak memetik buah dan diajarkan langsung cara membuat jus buah-buahan, kemudian disuguhi es cream khas TP PKK PALI. (yudhi)

RelatedPost