PALI — Kedatangan tim penilai lomba sekolah sehat tingkat provinsi Sumatera Selatan disambut hentakan lagu-lagu kebangsaan dari grup marchingband dan tarian selamat datang di Bumi Serepat Serasan oleh siswa SMA Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP), Kamis (15/9).

Tim penilai lomba sekolah datang di dampingi wakil Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony, anggota komisi III DPRD PALI Soemarjono, kepala Dinas Kesehatan PALI  dr Eni Zetila serta sejumlah kepala SKPD dilingkup Pemkab PALI, di SMA YKPP yang letaknya di dalam komplek Pertamina Pendopo.

SMA YKPP dipercaya untuk mewakili kabupaten PALI dalam lomba sekolah sehat tingkat provinsi Sumsel tahun 2016.

“Sekolah kita masuk 8 besar, mudah-mudahan bisa yang terbaik di Sumsel.Karena walau kita masih baru,namun prestasi sudah banyak kita raih.Ini menunjukan bahwa disini mempunyai potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang luar biasa,dan dengan adanya lomba ini, kita juga bisa jadi juara,” ucap Ferdian Andreas Lacony, saat menyampaikan sambutannya.

Lomba sekolah ini,lanjut Wabup, diharapkan menjadi landasan untuk mencetak generasi penerus yang handal.

“Kesehatan adalah faktor pendukung terciptanya SDM yang handal serta mendorong generasi berjiwa maju.Untuk menjadi maju tidak harus mempunyai finansial yang mapan atau fasilitas lengkap, tetapi dari keinginan yang kuat untuk maju,bahkan orang-orang besar banyak dimulai dari nol,” imbuhnya.

Dikatakan Wabup bahwa SDM handal kunci majunya suatu daerah,dan melalui sekolah yang sehat tempat mencetak SDM berkwalitas.

“Melalui pendidikan generasi cerdas akan tumbuh, dan dengan sekolah yang sehat terbentuk SDM yang kuat dan handal demi membangun daerah kita ini,” jelasnya.

Sementara itu, dr Erda Guswanti ketua tim penilai lomba sekolah sehat tingkat provinsi menyebutkan kedatangannya untuk melihat langsung peran aktif Usaka Kesehatan Sekolah (UKS) di SMA YKPP.

“Sekolah adalah milik bersama dan harus kerja bersama termasuk mengelola UKS disekolah.Lima tahun berturut-turut sumsel menang tingkat nasional pada lomba sekolah sehat,mudah-mudahan tahun depan masih bisa juara lagi,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa kriteria penilaian adalah semua unsur yang menyangkut kesehatan akan dinilai.
“Bukan hanya sekolahnya saja yang dinilai, namun 500 meter disekitar sekolah harus sehat,” terangnya. (yudhi)

RelatedPost