Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan berencana  memainkan sejumlah pilar utamanya saat bertemu Madura United, Senin (26/2) sore di stadion Batakan Balikpapan. Hal ini untuk mengamankan tiket langsung ke babak semifinal turnamen Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018.  Beberapa pemain SFC yang sempat menjadi pilihan utama saat turun di turnamen Piala Presiden 2018 lalu memang diistirahatkan oleh RD sewaktu melakoni laga perdana melawan Persiba Balikpapan, Sabtu (24/2) kemarin.

Nama-nama seperti Hamka Hamzah, Mamadou Ndiaye, Makan Konate, Esteban Viscarra dan Adam Alis diakuinya punya peluang untuk kembali dimainkan saat melawan Madura United. “Jika memang tidak ada kendala dan kebugaran mereka sudah siap, maka bisa saja pemain yang sempat absen di laga pertama lalu kami mainkan melawan MU,” jelasnya saat dihubungi Minggu (25/2) sore.

Melawan Persiba, RD melakukan rotasi dan menyimpan 9 pemain utama karena mengalami kelelahan usai Piala Presiden 2018. “Target kami di turnamen PGK ini masih sama yakni sebagai bahan persiapan menghadapi kompetisi sesungguhnya nanti. Kami akan melihat dari 1 pertandingan ke pertandingan, tetapi jika mampu memenangkan laga melawan MU, maka tiket ke semifinal sudah kami kantongi, kesempatan ini harus kami manfaatkan,” ungkapnya.

Madura sendiri diakuinya merupakan lawan tangguh dan salah satu tim favorit untuk kompetisi Liga Indonesia nanti. “Bali, Madura, Arema atau Persija merupakan tim-tim yang tidak banyak merombak pemain, kualitas pemainnya juga sangat baik,” bebernya.

Eks pelatih timnas ini sendiri mengenal sejumlah pemain Madura karena pernah dilatihnya beberapa musim lalu. “Maitimo, Greg, Gonzales dan masih banyak pemain MU yang berbahaya. Namun situasi ini menguntungkan kami yang memang membutuhkan laga kompetitif di pra musim ini, kebijakan rotasi juga masih akan kami berlakukan di laga ini,” pungkasnya.

Sementara itu, pelatih Madura United Gomes De Oliveira berharap melawan SFC anak asuhnya mampu memperbaiki kekurangan di laga pertama saat harus takluk dari Persebaya Surabaya melalui drama adu penalti.

Bayu Gatra dkk dinilainya kurang sabar saat sudah mendapat peluang di depan gawang. Hal itulah yang membuat timnya gagal memanfaatkan peluang yang seharusnya bisa berbuah gol.

“Kami seharusnya lebih sabar sedikit di depan gawang. Ada beberapa peluang yang tidak jadi gol, itu yang harus diperbiaki. Tapi, pemain sudah tampil dengan performa terbaik,” kata Gomes dalam jumpa pers seusai pertandingan.

Berdasarkan catatan statistik, Fabiano Beltrame dkk. setidaknya membukukan 11 tembakan. Namun, hanya enam saja di antaranya yang mengarah ke gawang Persebaya yang dikawal Miswar Saputra.

Perkiraan susunan pemain :

SFC (4-1-4-1) : Sandi Firmansyah, Marco Meraudje, Hamka Hamzah, Mamadou Ndiaye, Alvin Tuasalamony, Zulfiandi, Adam Alis, Makan Konate, Esteban Viscarra, Manucehr Dzalilov, Alberto Gonzales

Cadangan : Teja PA, Zalnando, Bio Paulin, Ichsan Kurniawan, Yogi Rahadian, Beri Rahmada, Patrich Wanggai

Artikel Terkait