PALEMBANG — Pasca dilengserkannya Oswaldo Lessa sebagai pelatih kepala, manajemen Sriwijaya FC menyebut sudah banyak menerima lamaran dari berbagai pihak untuk mengisi posisi tersebut. Tidak hanya dari dalam negeri, sejumlah pelatih asing disebut juga menyatakan minatnya untuk menjadi arsitek baru laskar wong kito.

“Ada yang melalui sejumlah agen, namun ada juga yang langsung melalui email SFC. Tentu semua kita tamping terlebih dulu dan nantinya akan dirapatkan bersama, kita akan pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan tim dan dapat meningkatkan performa pemain kedepannya,” ungkap sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dihubungi Senin (20/6) sore.

Nama-nama pelatih yang sebelumnya melatih di Liga Singapura dan Liga Malaysia diakui banyak ditawarkan kepada pihaknya. Namun ada juga beberapa nama wajah lama dari dalam negeri yang juga memasukkan lamarannya.

Menurutnya, tidak hanya posisi pelatih, pihaknya juga tidak menampik bahwa bisa saja nanti yang dipilih bukan sosok yang akan menjadi pelatih kepala, melainkan asisten pelatih untuk mendampingi figur Hartono Ruslan yang saat ini sudah ditunjuk menjadi caretaker tim SFC. “Semuanya masih kita pertimbangkan, termasuk juga dengan jajaran tim pelatih yang masih ada. Namun opsi seperti itu bisa saja diambil karena sebenarnya lisensi Hartono Ruslan juga memenuhi syarat sebagai pelatih kepala SFC,” jelasnya.

Selain hal itu, dirinya juga menyebut bahwa jajaran manajemen juga tengah mencari pelatih fisik baru menggantikan Newton Carvalho yang juga didepak bersama Oswaldo Lessa. “Kita sendiri berharap usai lebaran nanti, figur pelatih fisik baru juga dapat langsung bergabung dengan tim karena memang sangat dibutuhkan. Sejauh ini sudah ada 3 lamaran yang masuk untuk posisi ini, dalam beberapa hari ini akan segera diputuskan,” tambahnya.

Sementara itu, para pecinta SFC sendiri juga mulai mengusulkan sejumlah nama yang pantas menjadi pelatih baru tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini. Sosok eks pelatih timnas Thailand Khitiasuk Senamuang menjadi favorit fans, kemudian muncul juga nama Fandi Ahmad mantan pelatih timnas Singapura. Dari dalam negeri, putera Sumsel yang kini melatih Madura United yakni Salahudin juga diharapkan dapat pulang kampung membesut SFC.

Tetapi, beberapa fans lain juga mulai menyuarakan kepada manajemen agar dapat memberikan kesempatan kepada Hartono Ruslan terlebih dulu. “Saya pribadi berharap agar coach Hartono Ruslan diberikan kesempatan, ingat dulu bagaimana sosok Kashartadi diragukan tetapi ujungnya malah membawa SFC juara. Meski tidak banyak menjadi pelatih kepala, namun beliau sudah ada pengalaman di klub lain seperti Persik dan Persela. Kami juga melihat jarang ada asisten pelatih yang bisa bertahan lama di klub dan berdampingan dengan banyak pelatih, justru semakin banyak ilmunya. Pengalamannya pun diperlukan untuk merangkul dan memotivasi pemain biar bisa tampil bagus seperti dulu lagi,” ungkap Ahmad Tarmizi salah satu netizen yang mengomentari hal ini. (dedi)

Artikel Terkait