PALEMBANG — Minat pesepakbola muda di Sumatera Selatan untuk menjadi bagian dari Sriwijaya FC U21 ternyata sangat tinggi. Bahkan diluar dugaan, sekitar 120 anak muda yang datang dari berbagai wilayah di Sumsel datang ke stadion Bumi Sriwijaya Palembang untuk mengikuti seleksi, Selasa (7/2) sore.
Namun niat mereka tersebut harus tertunda karena di waktu yang bersamaan laskar wong kito mudo tengah melakukan uji coba melawan PS Unsri sehingga proses seleksi ditunda. Kabid Pembinaan Asprov PSSI Sumsel, Bambang Supriyanto mengaku bahwa pihaknya akan menampung aspirasi anak muda tersebut dan mengelar seleksi khusus nantinya.
“Sesuai arahan dari Presiden SFC, bapak Dodi Reza Alex, bagi yang ingin mengikuti seleksi, nanti akan disiapkan waktu khusus dan akan kami pantau dengan mengajak talent scouting Asprov PSSI Sumsel,” ungkap pria yang pernah membawa SFC U21 menjuarai kompetisi Indonesian Super League (ISL) U21 musim 2012/2013 tersebut. Menurutnya, seleksi tersebut akan dilaksanakan pada Kamis (16/3) mendatang.
“Lokasinya masih sama di stadion Bumi Sriwijaya Palembang, seleksi akan dimulai pukul 13.30 WIB dan para peserta diharapkan tidak terlambat dengan sudah memakai perlengkapan yang lengkap,” jelasnya. Pihaknya menyebut tidak mentargetkan jumlah peserta ataupun yang nantinya akan disaring masuk ke skuad SFC U21.
“Silahkan datang dengan juga membawa identitas pribadi, jika memang nanti sesuai dengan kriteria atau kebutuhan tim maka bisa saja langsung kita rekrut,” ujarnya. Dirinya mencontohkan sosok Reza Erlangga yang saat ini bergabung bersama skuad SFC senior sebagai pemain yang pernah lolos mengikuti seleksi susulan di tim PON Sumsel lalu. “Saat itu Reza datang diantar oleh pelatihnya dan hanya ikut berlatih bersama. Namun karena ada bakat dan sesuai dengan kebutuhan tim maka dirinya akhir masuk, bahkan saat ini bersama Slamet Budiono mendapat promosi ke tim SFC senior,” bebernya.
Saat ini, tim SFC U21 diakuinya sudah memiliki 26 pemain yang menjadi kerangka tim sementara. Beberapa diantaranya merupakan jebolan tim PON Sumsel lalu seperti Iwan, Bery atau Edo. Dibawah asuhan pelatih Roby Saud dan Fauzi Toldo, skuad SFC U21 ini berlatih 3 kali seminggu di stadion Bumi Sriwijaya Palembang sembari menunggu kepastian bergulirnya kompetisi Liga 1 U21 nantinya. “Hari Kamis (9/3) nanti, kita juga akan melakukan latih tanding melawan tim hasil seleksi timnas U19 wilayah Sumbagsel asuhan Indra Sjafri,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait