PALEMBANG — Berbeda dengan tim senior yang sudah lebih dulu mendapat libur lebaran, skuad Sriwijaya FC U-19 saat ini masih terus berlatih untuk persiapan kompetisi Liga 1 Indonesia U19 yang segera bergulir awal Juli mendatang. Beri Rahmada dkk baru diliburkan Kamis (23/6) besok dan sudah kembali berlatih 28 Juli mendatang.

Direktur teknik SFC U19, Bambang Suprianto menyebut anak asuhnya sudah siap tempur menghadapi kompetisi usia dini ini. Bahkan pihaknya pun menyebut bahwa SFC U19 tidak ingin sekedar berpartisipasi dan siap bersaing di jalur juara nantinya. Apalagi sebelumnya laskar wong kito mudo punya rekam jejak yang cukup mumpuni saat turun di kompetisi U21 yang kini sudah dibubarkan oleh PSSI.

Setelah berhasil menembus 2 kali finalis dengan 1 diantaranya menjadu juara pada kurun waktu 2013-2015, kini target serupa dibebankan kepada skuad SFC U19. “Saat ini, 30 pemain SFC U19 sudah kita daftarkan secara resmi ke operator. Dari jumlah tersebut, hampir semuanya berasal dari putera daerah asli Sumsel,” ungkapnya saat dihubungi Selasa (21/6) sore.

Pihaknya pun optimis Beri Rahmada dkk dapat melewati ujian pertama saat bertemu Persija Jakarta (8/7) mendatang di stadion Patriot Bekasi. “Selain berlatih, beberapa uji coba dengan tim lokal sudah kita lakukan. Semua lini kita perbaiki, termasuk juga kita datangkan pelatih fisik guna membenahi kebugaran para pemain,” jelasnya.

Kompetisi Liga 1 U-19 segera dihelat mulai 8 Juli 2017 hingga 29 Oktober 2017. Sebanyak 18 tim yang dibagi dalam tiga grup bakal bersaing menjadi yang terbaik. “Sistem kompetisi sama seperti U-21. Kami mencoba menjadikan kompetisi ini berkualitas. Sebelumnya kan ini kompetisi untuk U-21 dan tahun ini menjadi pembinaan usia muda atas perintah dari PSSI,” ujar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan.

Peringkat satu dan dua dari tiap grup akan lolos ke babak delapan besar, dengan didampingi dua tim yang menempati peringkat tiga terbaik. “Pertandingan pertama ini akan mempertemukan Persija dan Sriwijaya, dibukanya itu akan di Stadion Patriot (Candrabhaga), Bekasi,” beber Risha Adi Widjaya, CEO LIB.”Untuk grup satu dan dua itu home and away, dan grup tiga itu sistem home tournament, kami akan buka bidding untuk siapa yang bersedia untuk menjadi tuan rumah.”

Usai babak penyisihan akan dilanjutkan dengan babak 8 besar dengan sistem home turnamen. Babak semifinal dan final single match. Hadiah juara 1 Rp300 juta,  juara 2 Rp200 juta dan juara 3 Rp100 juta. Pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik Rp25 juta. (dedi)

BERIKUT PEMBAGIAN GRUP LIGA 1 U-19 2017

GRUP 1 : SEMEN PADANG, SRIWIJAYA, PS TNI, PERSIJA, PERSIB, BHAYANGKARA.

GRUP 2 : PERSELA, MADURA UNITED, AREMA, PERSEGRES, BALI UNITED, BARITO.

GRUP 3 : PERSIPURA, BORNEO, MITRA KUKAR, PERSIBA, PSM, PERSERU.

Artikel Terkait