Meski berada jauh dari keluarga, namun punggawa Sriwijaya FC tetap khusyuk mengikuti perayaan hari Idul Adha, Kamis (24/9) pagi di Mess Pertiwi. Sejak pagi hari, para pemain laskar wong kito minus pemain non muslim dan yang berdomisili di Palembang, pergi bersama untuk mengikuti shalat ID di Masjid Nurul Huda yang terletak tidak jauh dari Mess Pertiwi.

Bahkan, saat tiba di Masjid para pemain SFC pun sedikit tertipu dengan penampilan TA Musafri yang ternyata sudah lebih dulu tiba dan mengambil tempat di sudut. “Kami pikir tadi ada Wali atau ulama dari mana, soalnya kalau dari belakang sangat beda sekali,” canda Asri Akbar mengenai TA Musafri yang menggunakan baju muslim panjang warna putih.

Usai shalat, para pemain pun langsung membaur dengan warga lainnya di Masjid untuk saling memafkan. “Tadi saya sama Asri memang datang kecepatan, karena biasanya di Makassar shalat sudah dimulai pukul 6.15 pagi, namun di Palembang sedikit lebih lambat. Tapi tidak masalah yang penting adalah ibadahnya,” ujar Fathul Rahman.

Bek kiri yang juga berasal dari Makassar ini pun mengaku di momen Idul Adha ini pun kangen dengan makanan khas daerahnya yakni Coto. “Biasanya kalau lebaran kita tetap memakan itu, tapi tidak masalah karena sekarang tim mesti fokus menghadapi leg kedua yang jaraknya sudah dekat,” jelas Fahtul.

Saat pulang ke Mess Pertiwi, rasa kangen seluruh pemain SFC sedikit terobati karena petugas catering sudah menyiapkan makanan yang identik dengan Idul Adha yakni ketupat ataupun opor ayam. “Lumayanlah, jadi serasa di rumah sendiri dengan makanan seperti ini. Soal silaturahmi dengan keluarga bisa lewat telpon, yang jelas fokus tim saat ini adalah ke leg kedua melawan Persebaya,” ungkap gelandang muda Ichsan Kurniawan.

Manajer SFC, Robert Heri sendiri mengatakan pihaknya memang memberikan libur bagi pemain untuk melaksanakan shalat Idul Adha di pagi hari, namun seluruh pemain tetap menggelar latihan pada sore harinya. Pihaknya pun mengirimkan daging kurban ke Mess Pertiwi untuk dibuat sate secara bersama-sama pada malam harinya oleh seluruh pemain.