PALEMBANG — Setelah melalui beberapa saringan, manajemen Sriwijaya FC akhirnya mengumumkan secara resmi daftar pemain yang nantinya berhak mengikuti seleksi lanjutan di skuad U21. Sebanyak 15 pemain dinyatakan berhasil lolos dari seleksi terbuka yang diadakan Kamis (16/3) lalu.

Awalnya, manajemen SFC mentargetkan dapat menyaring setidaknya 25 pemain yang nantinya akan diikutkan pada seleksi kedua bersama pemain yang sudah lebih bergabung ke skuad sementara laskar wongg kito mudo. “Namun berdasarkan rapat bersama, maka diputuskan bahwa kita tetap mengutamakan kualitas. Jadi mesti target awal adalah 25 pemain, namun ternyata hanya 15 pemain yang memenuhi syarat minimal yang kami tentukan sebelumnya,” ungkap Bambang Supriyanto, Kabid Pembinaan Asprov PSSI Sumsel saat dihubungi Kamis (23/3) sore.

Menurutnya, selain kemampuan bermain di lapangan, pihaknya juga melihat postur, kecerdasan hingga attitude pemain saat proses seleksi lalu. “Di sepakbola, tidak cukup hanya mengandalkan skill semata. Pemain juga harus cerdas, punya fisik yang prima serta disiplin tinggi,” tegasnya.

Ditambahkannya, proses pengumuman seleksi ini memang sedikit terlambat mengingat pihaknya sempat kecewa dengan keputusan PSSI yang secara mendadak menghapuskan kompetisi tingkat umur U21 pekan lalu. “Hal itu juga yang menjadi pertimbangan, namun setelah adanya instruksi langsung dari Presiden SFC, Dodi Reza Alex bahwa kita tetap akan fokus melakukan pembinaan walau tanpa adanya kompetisi resmi, maka proses pengumuman seleksi dan tahap lanjutan tetap akan digelar seperti rencana awal,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyebut manajemen SFC juga akan tetap berjuang membawa aspirasi ke tingkat pusat agar kompetisi U21 bergulir kembali. “Keputusan tersebut semoga belum final, karena tidak ada ruginya dan akan sangat membantu proses pembinaan bila kompetisi U21 dihidupkan kembali. Justru akan saling bersinergi dengan kompetisi U19 ataupun tim senior nantinya,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah Sekretaris PT.Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid menambahkan bahwa pihaknya juga tengah bersiap melakukan seleksi lanjutan untuk level U19. Tapi kepastiannya masih akan menunggu keputusan PSSI mengenai waktu kick off serta regulasi yang akan diterapkan nantinya.

“Belum tahu kapan Liga U-19 dilaksanakan. Jika sudah ada edarannya, maka kita baru bisa menyusun semua program. Namun kita sudah punya beberapa nama yang berasal dari seleksi timnas U19 lalu ataupun binaan Asprov PSSI Sumsel selama ini, “ucap Faisal.

Daftar nama pemain yang lolos seleksi SF U21

Rahmat Andika Marhen (Muratara), Sigit Alfian Nasuana (Banyuasin), Andi Jiansyah (Banyuasin), Anggun Pratama Mukti (Musi Rawas), Ahmad Aly (empat lawang), M Fiqi (Palembang), Thadea Sabela (Muba) dan AL Mujani (Ogan Ilir), Aje Kurniawan (Ogan Ilir), Dhiky Arya Pratama (OKU Timur), Angga Arestu Putra (Palembang), Rizky Arya (Muba), Beny (Baturaja), Nanda (Banyuasin) dan Hendri Saputra (Palembang). (dedi)

Artikel Terkait