PALEMBANG — Semakin banyaknya pihak yang menjual produk/merchandise yang menggunakan logo Sriwijaya FC mendapat perhatian khusus dari PT Sriwijaya Optimis Mandiri selaku pengelola laskar wong kito. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, manajemen PT SOM selama sebulan akan melakukan sosialisasi terkait hak dagang logo SFC ini kepada seluruh pemilik usaha distro/merchandise di kawasan Palembang, Kamis (25/5) siang.

Direktur Marketing dan Promosi PT SOM Nirmala Dewi menjelaskan, setiap pedagang bisa menjual produk berlogokan SFC. Namun harus mendapatkan lisensi khusus dari pemilik hak paten logo yakni  PT SOM.

“Kita akan berikan lisensi khusus siapa-siapa pedagang yang boleh menjual produk berlogokan tim SFC. Makanya kami menggundang mereka untuk mengetahui aturan yang kita buat ini,” ujarnya. Pihaknya juga mengharapkansemua pedagang untuk datang ke cafe SFC yang berada di kompleks pertokoan PS Mall untuk mendapatkan lisensi ini.

“Pastinya mereka harus datang dan mengisi formulir. Disana akan kami jelaskan apa saja syarat yang wajib dilakukan oleh para pedagang akan dapat lisensi dari kita,”tuturnya.

Dilanjutkannya manajemen telah mendaftarkan klub berlogo elang secara hukum. Terkait tentang hak cipta diatur dalam undang-undang Nomor 28 tahun 2014 dan kedepan apabila para pedagang tidak memiliki lisensi menjual logo akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Kami belum sampai ke proses hukum karena kita juga ada kebijakan baru soal ini. Makanya kami kasih deadline selama satu bulan. Mungkin setelah selesai lebaran akan kita sweeping bisa juga langsung melibatkan pihak kepolisian,”tegasnya.

“Intinya kami tidak menyulitkan, tetapi kita lihat dulu produknya. Tidak akan kita persulit, tapi disini poinnya masyarakat juga bisa membantu keuangan klub SFC,” tuturnya.

Sekretaris PT SOM Faisal Mursyid membenarkan pihaknya sudah mendaftarkan secara  resmi hak cipta tahun 2012 sampai dengan 2022 mendatang. “Tadi ada tiga pedagang merchandise sudah datang dan mereka dengan tangan terbuka menyambut baik program ini, mereka juga sangat senang dan ini juga sebagai wujud dari manajemen SFC mengajak masyarakat bermitra bersama kami,” jelasnya singkat. (dedi)

Artikel Terkait