BALI — Sempat tertinggal lebih dulu, Sriwijaya FC akhirnya mampu memaksakan hasil imbang 2-2 saat bertemu tuan rumah Bali United, Selasa (7/2) malam di stadion I Wayan Dipta Gianyar di laga perdana turnamen Piala Presiden 2017 grup 4. Alberto Goncalves menjadi penyelamat bagi laskar wong kito setelah golnya di menit 86 babak kedua mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan menghindarkan SFC dari kekalahan.

Usai pertandingan, pelatih SFC Widodo C Putro menyebut anak asuhnya bermain luar biasa di laga ini. “Bermain di bawah guyuran hujan yang sangat deras tentu tidak mudah karena menguras tenaga. Tapi mereka menunjukkan determinasi yang luar biasa mampu mengimbangi lawan,” ujarnya usai pertandingan.

Eks asisten pelatih timnas ini menyebut persiapan yang cukup minim tidak membuat anak asuhnya canggung di laga ini. “Beto dan Hilton baru sekitar seminggu gabung, malah Bio Paulin baru sekali ikut latihan bersama tim di Bali. Tentu ini situasi yang tidak ideal, tetapi saya harus memproteksi mereka,” ungkapnya.

Karena alasan tersebut, Bio pun baru dimasukannya di babak kedua. “Bio mengaku kepada saya bahwa selama di Kamerun tidak pernah berlatih, tentu saya harus menyiapkannya lebih dulu. Tadi dia akhirnya kita masukkan karena luka di pelipis Firdaus Ramadhan cukup parah,” jelasnya.

WCP pun mengaku belum memikirkan mengenai peluang lolos ke babak selanjutnya dan fokus menyiapkan timnya menghadapi laga kedua melawan Barito Putera, Senin (13/2) mendatang. “Semua tim di grup ini masih berpeluang lolos, namun saya pribadi lebih memilih fokus membenahi kekurangan di dalam tim SFC. Tapi tidak kehilangan poin di laga perdana melawan tuan rumah tentu sebuah modal berharga,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Bali United Hans Peter Schaller tidak dapat menyembunyikan kegusarannya setelah timnya ditahan imbang oleh SFC di laga ini. “Siapapun pasti tidak puas jika timnya harus membuang poin penuh saat pertandingan menyisakan 5 menit lagi. Namun inilah sepakbola dan banyak hal yang harus saya benahi kedepannya,” ujar pelatih asal Austria ini.

Dirinya pun optimis mampu membawa Bali United lolos ke babak selanjutnya setelah melihat permainan anak asuhnya di laga ini. “SFC tim yang bermain sangat baik, namun tadi mereka memperlihatkan mampu bermain jauh lebih bagus. Tentu dengan tambahan pemain yang tidak bermain di laga ini seperti Irfan Bachdim, kami akan jauh lebih kuat dan mewujudkan target masuk 5 besar di liga nantinya,” tegasnya.

Jalannya pertandingan

Di babak pertama, kedua tim langsung mengambil inisiatif untuk menyerang dan laga berjalan dengan tempo tinggi. Tuan rumah terlebih dulu mendapat peluang emas melalui Marcos Flores yang memanfaatkan umpan tendangan bebas Fadil Sausu.

Namun justru SFC yang berhasil mencetak gol lewat sepakan indah Hilton Moreira di menit 8. Tendangan kerasnya di pojok kanan gawang Bali United tidak mampu dijangkau Kadek Wardana dan merubah skor menjadi 1-0.

Sebuah kontroversi sempat terjadi setelah gol ini saat umpan matang Rahmad Hidayat kepada Hilton Moreira dianggap offiside oleh hakim garis. Dalam tayangan ulang di televisi tampak penyerang asal Brasil ini berlari dari belakang dan lolos dari jebakan offside.

Setelah insiden ini, emosi pemain SFC sedikit terpancing dan berhasil dimanfaatkan oleh tuan rumah. Bahkan 2 gol berhasil dicetak Bali United melalui tendangan penalti Fadil Sausu di menit 27 dan sundulan Abdulrahman di menit 32 sekaligus merubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Di babak kedua, SFC langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Marco Meraudje dan Nur Iskandar menggantikan Gilang Ginarsa dan Slamet Budiono. Disusul oleh masuknya Bio Paulin yang mengisi posisi Firdaus Ramadhan.

Terus menyerang, tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini akhirnya baru mampu menyamakan kedudukan di menit 86. Kerjasama apik Nur Iskandar dan Marco Meraudje di sisi kiri pertahanan yang diakhiri dengan umpan manis kepada Beto akhirnya mampu merobek gawang Bali United. Setelah gol ini, tidak ada gol tambahan yang tercipta dan wasit Muslimin akhirnya meniup peluit tanda berakhitnya pertandingan dengan skor 2-2. (dedi)

Artikel Terkait