Meski belum mendapat kejelasan mengenai masa depan sepakbola nasional, namun tidak menyurutkan asa manajemen Sriwijaya FC untuk terus melakukan persiapan tim dan menyusun sejumlah agenda di tahun 2016. Bahkan 4 turnamen yang direncanakan digelar di awal tahun depan pun dibidik laskar wong kito sebagai ajang untuk menyongsong kompetisi resmi nantinya.
“Kita sudah mendengar katanya ada 4 turnamen yang akan digelar awal tahun depan, tentu kita akan berusaha mengikuti semua kegiatan tersebut,” ujar manajer SFC, Nasrun Umar saat ditemui Rabu (16/12) sore. Adapun 4 turnamen tersebut yakni Piala Marah Halim di Medan, Piala Gubernur Kaltim, Piala Walikota Padang dan terakhir Piala Kapolri.
“Dari keempat turnamen tersebut, memang kita baru satu yang mengirimkan surat undangan resmi ke SFC. Dan kita pun belum tahu pasti apakah akan berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan sebelumnya, namun kita usahakan akan mengirimkan tim nantinya,” ungkapnya.
Untuk mengantisipasi bila jadwal turnamen berdekatan, maka pihaknya bersama jajaran manajemen PT SOM juga telah menyiapkan tim SFC U23 kedepannya. “Mungkin sebutannya bisa SFC U23, U21 atau SFC Muda. Karena kita sebenarnya juga mempunyai banyak pemain junior potensial, salah satunya di tim PON Sumsel saat ini,” tambahnya.
Dirinya pun menegaskan bahwa turnamen tersebut akan dijadikan sebagai tolak ukur melihat kesiapan tim untuk menghadapi kompetisi nanti. “Kita akan lihat, apakah perekrutan pemain sudah berjalan dengan baik, apakah evaluasi yang kita lakukan ini sudah sesuai dengan harapan,” tandasnya.
Sementara itu, Direktur Kompetisi dan Pertandingan PT SOM, Augie Bunyamin menyatakan bahwa tim SFC Muda yang dimaksud adalah tim PON Sumsel yang baru-baru ini meraih medali emas di Porwil IX Sumatera sekaligus lolos ke PON 2016 di Jawa Barat.
“Seluruh pemainnya berasal dari tim PON Sumsel, mereka memang akan kita terjunkan ke beberapa turnamen sebagai persiapan menuju PON 2016 nanti. Karena tentu pemain akan jenuh jika hanya berlatih tanpa bisa mengukur kemampuannya,” jelas Augie.
Namun selain pemain PON Sumsel, beberapa alumni SFC U21 seperti Alan Martha dan Jajang Maulana juga diakuinya telah dihubungi untuk bergabung ke tim ini nantinya.