Skuad Sriwijaya FC bertekad meneruskan tren positif di kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC) dan poin penuh menjadi target Supardi Nasir dkk saat menantang tuan rumah Persiba Balikpapan, Jumat (6/5) sore di stadion Parkesit Balikpapan. Fokus dan konsentrasi menjadi perhatian utama pelatih laskar wong kito Widodo C Putro jelang pertemuan melawan tim Beruang Madu ini, mengingat kemenangan yang sudah di depan mata saat bertemu Persib Bandung (30/4) kemarin harus sirna di detik-detik akhir pertandingan.

“Sejak awal kami selalu berbicara ke pemain untuk tidak mengalami kekalahan di setiap partai away, dengan begitu kami tidak akan kehilangan poin. Belajar dari laga perdana melawan Persib lalu, kami berharap seluruh pemain agar dapat menjaga konsistensi permainan selama 90 menit, kelengahan sedikit saja pasti akan dibayar mahal,” ujar eks pemain timnas Indonesia ini.

Menurutnya, bersama tim analis SFC, pihaknya pun sudah mengamati permainan Persiba yang dinilainya punya keunggulan dalam hal daya juang di lapangan. “Melawan Arema kemarin, pemain Persiba sudah menunjukkan agretifitas yang tinggi sepanjang pertandingan dan hal tersebut harus kami antisipasi,” tegasnya.

Okto Maniani dkk diakui Widodo mampu memberikan pressing ketat dan selalu ada lebih dari 1 pemain yang menjaga pergerakan lawan di area pertahannya. “Namun saya tetap percaya bahwa pemain SFC bisa mencuri kemenangan disini, asal mereka mau kerja. Melawan tuan rumah yang baru saja menerima kekalahan, tentu akan lebih berat karena mereka pasti juga ingin dapat poin penuh, apalagi ini laga pertama mereka di depan publik sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, di kubu tuan rumah pelatih Persiba Jaino Maitos masih terus menunggu perkembangan terakhir mengenai kondisi kapten timnya, Antonio Telles. Pemain asal Brasil ini usai pertandingan melawan Arema memang harus menjalani istirahat dan pemulihan karena mengalami cedera.

“Telles pemain penting di tim ini dan di pertandingan melawan SFC saya membutuhkan tenaganya. Namun jika kondisinya tidak fit 100 persen maka tidak akan saya paksakan, yang jelas target kami mesti mengamankan poin penuh di kandang,” ungkapnya. Selain Telles, pilar asing lainnya yaki Vincinius Dos Santos juga masih diragukan untuk dapat dimainkan.

“Pemain asal Amerika Latin memang butuh setidaknya 2 minggu untuk beradaptasi, mulai dari soal cuaca, budaya atau gaya permainan sepakbola Indonesia. Namun bisa saja melawan SFC, Dos Santos sudah kita mainkan. Namun seperti saya sampaikan nanti, siapa yang lebih siap dan fisiknya 100 persen yang akan saya turunkan,” tegasnya.

Perkiraan susunan pemain SFC

4-2-3-1 : Teja Paku Alam, Supardi (c), Fahrudin, Ngurah Nanak, Wildansyah, Yu Hyun Koo, Achmad Jufrianto, Firman Utina, M Ridwan, Hilton Moreira, Beto Goncalves

Cadangan : Yogi Triana, Zalnando, Ichsan Kurniawan, Eka Ramdani, Anis Nabar, TA Musafri, Airlangga Sucipto

Persiba Balikpapan :

4-3-3 : Benny Setya, Iqbal Samad, Ledi Utumo, Dirkir Clay, Abdul Rahman, Antonio Telles (c), Kuniawam Karman, Shohei Matsunaga, Rahel Ardiansyah, V Dos Santos, Okto Maniani

Cadangan : Alfonsius Kelvan, Gidion Viktor, Absor Fauzi, Frengky Tornado, Bima Sakti, Siswanto, Syamsir Alam

Artikel Terkait