Laga pembuka turnamen Piala Presiden 2018 antara tuan rumah Persib Bandung melawan Sriwijaya FC, Selasa (16/1) sore di stadion Gelora Bandung  menyisakan banyak cerita. Bahkan manajemen laskar wong kito tidak menampik sempat ingin menarik diri dari turnamen pra musim ini.

Keinginan ini tersebut muncul setelah panpel menyatakan 3 pemain asing SFC yakni Makan Konate, Mamadou Ndiaye dan Manucechr Dzalilov dilarang bermain di laga perdana ini. Hal ini memantik kekecewaan dari manajemen SFC dan menganggap panpel melakukan inkonsistensi.

Awalnya, sehari sebelum pertandingan ketiga pemain tersebut telah dinyatakan sah dan dapat turun bermain. Namun pada pukul 11.00 WIB atau hanya beberapa jam sebelum kick off dimulai, manajemen SFC mendapat pemberitahuan bahwa ketiganya tidak diperbolehkan turun karena ada syarat administrasi yang belum dilengkapi.

“Yang kami sesalkan pemberitahuan ini mendadak sekali, tentu sangat merugikan tim pelatih yang sudah menyiapkan skema dan sudah dilatih sebelumnya,” ungkap Augie Bunyamin, direktur kompetisi PT SOM saat dihubungi Selasa (16/1) sore.

Keputusan ini pun bahkan sudah disetujui oleh manajer tim dan telah memerintahkan tim untuk berkemas dari Bandung. “Namun kami kembali mengadakan rapat dan mendengar semua masukan, baik dari tim pelatih maupun pembina SFC. Intinya kami sangat menghormati Presiden RI, bapak Jokowi dan memutuskan tetap bermain walau tanpa ketiga pemain tersebut,” jelasnya.

Namun drama belumlah berakhir, setibanya di stadion tim pelatih yang diketuai oleh Rahmad Darmawan terpaksa harus merubah susunan starting eleven di lapangan hijau. Rencana cadangan pun terpaksa diterapkan dan para pemain pengganti telah diumumkan.

Tetapi 5 menit jelang pemanasan, Tigor Salomboboy selaku panpel Piala Presiden 2018 mendatangi ruang ganti SFC dan mengumumkan bahwa ketiga pemain yang awalnya dilarang bermain akhirnya diperbolehkan turun. Sontak hal ini kembali membuat kaget manajemen SFC, namun hanya Ndiaye dan Konate yang akhirnya dimainkan, sementara Dzalilov tetap tidak masuk dalam line up pemain yang diturunkan melawan Persib Bandung.

Sementara itu, Makan Konate sendiri sempat tidak percaya bahwa dirinya harus absen di laga perdana kontra SFC. “Tadi saat pelatih mengumumkan line up jelang pemanasan, saya sangat sedih karena tidak bisa turun. Saya sangat ingin bermain karena sudah lama berlatih keras untuk laga ini. Tetapi akhirnya bisa main walau hasil kurang baik, kedepan tim mesti kerja keras lagi untuk memperbaiki semua kekurangan,” ujarnya singkat.

Artikel Terkait