PALEMBANG — Meski jendela bursa transfer belum dibuka, namun manajemen Sriwijaya FC mengaku mulai melakukan ancang-ancang perekrutan pemain untuk putaran kedua kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 mendatang. Pemain belakang menjadi prioritas utama laskar wong kito mengingat sektor tersebut menjadi titik terlemah SFC musim ini.

Apalagi posisi bek tengah yang saat ini hanya menyisakan 3 pemain yakni Firdaus Ramadhan, Bobby Satria dan Yanto Basna. Dalam beberapa pertandingan sebelumnya, SFC bahkan turun tanpa pemain cadangan di posisi ini karena stok yang sangat terbatas.

Seperti saat salah satu pemain tersebut mengalami cedera atau tengah menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Atau ketika Yanto Basna yang tidak cedera atau terkena sanksi, namun terpaksa absen karena harus pulang ke Papua untuk menghadiri pemakaman orang tuanya. Sehingga beberapa kali pemain lain seperti Indra Permana atau Marco Meraudje dipaksakan untuk memback up posisi ini.

Sebenarnya, di skuad yang ada saat ini ada 2 nama lain yang bisa mengisi peran ini yakni Bio Paulin dan Ahmad Maulana. Namun keduanya masih berkutat dengan cedera dan belum pernah dimainkan sejauh ini, bahkan nama terakhir pun diperkirakan akan sulit bermain lagi karena diprediksi harus menjalani operasi terlebih dulu untuk pemulihan.

Bio sendiri belakangan mulai menjalani latihan intensif di Palembang dan terlihat sudah bisa mengikuti program fisik. Bahkan dalam video yang di sosial media, pemain naturalisasi ini pun bisa berlari sprint sehingga diperkirakan dalam kembali dalam waktu yang tidak lama lagi.

Saat dikonfirmasi, Bio sendiri enggan berbicara banyak tetapi memberikan kode bahwa comebacknya tidak akan lama lagi. “Cedera sudah tidak masalah, tetapi saya masih harus penguatan otot terlebih dulu karena saat ini belum seimbang antara kaki kanan dan kiri. Tumpuannya masih lemah,” jelasnya singkat.

Opsi menunggu kesembuhan Bio memang seolah menjadi pilihan terbaik bagi SFC mengingat untuk mencari stopper asing seperti akan lebih sulit. Karena regulasi di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 hanya memperbolehkan setiap klub merekrut 4 pemain asing dengan ketentuan 1 pemain asing wajib berstatus marquee player dan 1 lagi juga wajib berasal dari kawasan Asia.

Saat dikonfirmasi, manajemen SFC mengaku pembenahan dan proses evaluasi terkait kinerja tim memang terus dilakukan. “Fokus kita adalah bagaimana di 5 laga sisa, dimana 4 diantaranya dimainkan di kandang poin penuh nanti bisa kita amankan. Terkait bursa transfer, nanti akan dibicarakan dengan pelatih, tapi memang perbaikan pasti ada. Semua masukan dari teman media, suporter dan pecinta SFC sangat kami perhatikan,” ujar sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dikonfirmasi mengenai masalah ini.

Meski bursa transfer putaran kedua baru dimulai 16 Juli mendatang, namun pihaknya tidak menutup kemungkinan sudah akan menjalin komunikasi terlebih dulu dengan sejumlah pemain. Saat ini, SFC sendir sudah memiliki 29 pemain yang didaftarkan sehingga bila tanpa pencoretan pemain maka hanya menyisakan 1 slot tambahan bila ingin merekrut pemain baru nantinya. (dedi)

Related Post