Adanya pernyataan dari CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdul Gani, menjelaskan bahwa pembagian grup Piala Jenderal Sudirman untuk penyisihan di awal dilakukan tanpa melalui proses pengundian mendapat tanggapan dari manajemen Sriwijaya FC. Finalis Piala Presiden ini menyayangkan kebijakan tersebut dan berharap tetap ada drawing grup nantinya.

“Rasanya kurang pas dan lebih baik dikembalikan seperti biasa. Mungkin ada pemisahan untuk tim unggulan, tapi yang lainnya tetap harus diundi,” ungkap sekretaris tim laskar wong kito, Achmad Haris saat dihubungi Rabu (28/10) siang. Diakuinya, sejauh ini pihaknya belum mendapat pemberitahuan secara resmi mengenai hal tersebut dan surat undangan yang sudah diterima belum membahas detail teknis turnamen.

Hal yang sama juga disampaikan pelatih SFC, Beny Dollo yang juga berharap pihak Mahaka dapat merubah keputusan tersebut. “Rasanya lebih baik jika ada undian, karena nanti khawatirnya ada kecemburuan dari klub-klub peserta. Hal itu juga seperti kurang fair play jadinya,” ungkap pelatih senior di Indonesia ini.

Meskipun demikian, dirinya menegaskan bahwa SFC tidak akan memilih grup atau menolak ditempatkan bila nantinya sudah ditunjuk oleh Mahaka. “Cuma kalau boleh memilih, jangan sampai kami bermain di Malang lagi atau Surabaya, karena sudah terlalu sering selama ini. Tapi apapun hasilnya nanti kami akan tetap siap siap,” tegasnya.

 Pihak penyelenggara turnamen Piala Jenderal Sudirman, Mahaka Sports and Entertainment sendiri memang menegaskan bahwa mereka akan menjadi penentu penempatan tim di fase grup. Ini dilakukan karena ingin menyajikan pertandingan menarik di tiga grup, yang masing-masing akan diisi oleh lima tim. “Pembagian grup di awal tidak melalui proses pengundian. Jadi kami tentukan sendiri. Prinsipnya kami mau menjadikan pertandingan tontonan menarik, ketika disiarkan orang menantikan,” kata Hasani Abdul Gani dalam jumpa pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (26/10).

 Sebelumnya, di beberapa sosial media sudah beredar plot pembagian grup turnamen Piala Jenderal Sudirman. Meski belum dapat dipastikan kebenarannya, namun dalam pemberitaan tersebut disebut bahwa SFC akan bermain di grup C yang dimainkan di bali bersama tuan rumah Bali United, Pusamania Borneo FC, Persipura dan Persela Lamongan.